Dumbo Mati, Gajah Gonzales Juga Dikabarkan Sakit di KBS

Gajah Gonzales diduga terkena virus yang sama dengan Dumbo

Surabaya, IDN Times - Kebun Binatang Surabaya (KBS) saat ini menjadi sorotan sejak meninggalnya Dumbo, Gajah Sumatra yang termasuk dalam hewan langka dilindungi. Tak hanya itu saja, rupanya kakak Dumbo, Gonzales juga dikabarkan tengah sakit akibat virus yang diduga menyebabkan kematian Dumbo.

1. Gonzales juga dikabarkan sakit akibat virus herpes gajah

Dumbo Mati, Gajah Gonzales Juga Dikabarkan Sakit di KBSilustrasi Herpes Simplex Virus 2 /HSV-2 (oldest.org)

Praktisi Satwa Liar Tenaga Pakar Asosiasi Dokter Hewan Satwa Liar, Eksotik, dan Aquatik, drh. Wisnu Pradana mengatakan bahwa, berdasarkan hasil kunjungannya ke KBS, rupanya Gajah Sumatra lain yaitu Gonzales juga tengah sakit. Gonzales diduga tertular virus yang sama dengan Dumbo yaitu elephant herpesvirus.

"Gonzales (kakak Dumbo) saat ini ada penyakit juga yang diduga sama. Jadi sekarang Gonzales sedang dinfus," ujarnya, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes Langka

2. Kondisi kandang harus benar-benar diperhatikan

Dumbo Mati, Gajah Gonzales Juga Dikabarkan Sakit di KBSGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya.IDN Times/Fitria Madia IDN Times/Fitria Madia

Wisnu menjelaskan, virus mematikan ini memang menular antargajah. Bahkan, penularannya juga bisa terjadi secara tak langsung atau melalui media seperti kandang bahkan manusia. Oleh karena itu, Winsu meminta KBS memperhatikan kebersihan kandang-kandang gajahnya.

"Ini yang perlu diperhatikan kondisi fisiknya dan juga kandang gajah," ungkapnya.

3. Virus herpes gajah ini amat rentan menjangkiti hewan lain

Dumbo Mati, Gajah Gonzales Juga Dikabarkan Sakit di KBSGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Hal serupa juga diutarakan oleh Kepala Seksi Pengawetan Eksitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK), Desy Satya Chandradewi. Virus herpes gajah yang diduga menyebabkan kematian Dumbo ini amat rentan menjangkiti hewan lain.

"Langkah selanjutnya kita memperbaiki lingkungan di KBS. Termasuk interaksi pengunjung dengan gajah yang muda," tutur Desy.

4. Pihak KBS masih belum angkat bicara

Dumbo Mati, Gajah Gonzales Juga Dikabarkan Sakit di KBSPetugas mengingatkan protokol kesehatan kepada pengunjung melalui pengeras suara. Dok. KBS.

Sementara itu, pihak PDTS KBS masih belum memberikan komentar mengenai diagnosis sementara kematian Dumbo dan kondisi terkini dari Gonzales. Humas PDTS KBS, Agus Supangkat mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu hasil autopsi resmi dan akan disampaikan ke publik ketika sudah siap.

"Nanti nunggu release setelah ada hasil autopsi dan lab. Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera diperoleh," sebutnya saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Hasil Autopsi Kematian Gajah Dumbo Keluar Kamis Ini

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya