Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes Langka

Saat ini vonis masih menunggu hasil autopsi

Surabaya, IDN Times - Hingga saat ini misteri kematian Dumbo, Gajah Sumatra di Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih belum terungkap. Salah satu dugaan penyebab matinya binatang langka dilindungi ini adalah serangan virus yang masih jarang ditemui di Indonesia yaitu elephant herpesvirus atau herpes yang menyerang gajah.

1. Dumbo diduga mati akibat virus herpes

Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes LangkaGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Praktisi Satwa Liar Tenaga Pakar Asosiasi Dokter Hewan Satwa Liar, Eksotik, dan Aquatik, drh. Wisnu Pradana menuturkan, setelah ia mengecek secara langsung ke KBS, ia menduga Dumbo mati akibat serangan virus herpes gajah.

"Diagnosa sementara ini karena elephant herpesvirus yang menyerang pada gajah Dumbo," ujarnya, Rabu (22/12/2021).

Baca Juga: Dumbo, Gajah Sumatera Langka Meninggal di Kebun Binatang Surabaya

2. Virus herpes gajah cukup jarang terjadi di Indonesia

Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes Langkailustrasi virus herpes simpleks (hopkinsmedicine.org)

Wisnu menjelaskan bahwa virus mematikan ini sebenarnya cukup jarang ditemukan di Indonesia. Namun, kasus serupa sebelumnya pernah terjadi dalam kurun waktu 2010-2014 di Tangkahan (Medan, Sumatera Utara) dan juga Way Kambas (Lampung).

"2010 lalu pernah terjadi di waykambas. Dan ini masuk ke Surabaya," tuturnya.

3. Diagnosis masih menunggu hasil autopsi

Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes LangkaIlustrasi ruang otopsi, IDN Times/ istimewa

Namun, hingga kini diagnosis sementara tersebut masih menjadi dugaan.Kepala Seksi Pengawetan Eksitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK), Desy Satya Chandradewi mengatakan bahwa pihaknya menunggu hasil autopsi lengkap dari organ tubuh Dumbo.

"Ini masih kami selidiki karena kematian gajah dari diagnosa sementara karena adanya virus herpes pada gajah," ungkap Desy.

4. DPRD tuding adanya kesengajaan dalam kematian Dumbo

Gajah Dumbo KBS Diduga Mati Akibat Virus Herpes LangkaGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Surabaya, AH Thony menduga ada unsur kesengajaan dalam kematian Dumbo. Pasalnya, sejak Dumbo sakit hingga meninggal, tidak ada kabar yang terdengar. Pihak PDTS pun seakan menutup-nutupi informasinya.

"Ketika ada appendix I sakit, mestinya ada laporan, yang mana ini tidak dilakukan. Informasi yang beredar, Dumbo sakit tidak dilaporkan, Dumbo mati juga tidak dilaporkan, bahkan Bawas juga tidak mendengar dan setelah Dumbo sakit BKSDA melakukan peninjauan juga tidak disampaikan," sebut Thony, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Hasil Autopsi Kematian Gajah Dumbo Keluar Kamis Ini

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya