Hasil Autopsi Kematian Gajah Dumbo Keluar Kamis Ini

Penyebab kematiannya sedang diteliti

Surabaya, IDN Times - Kematian gajah bernama Dumbo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih menjadi tanda tanya besar. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) pun turun tangan untuk ikut melakukan autopsi gajah yang masih berusia 2 tahun ini.

"Kalau hasil autopsi kita masih menunggu, infonya minggu ini," ujar Plh Kepala BKSDA Jawa Timur (Jatim), Hartojo secara tertulis, Senin (20/12/2021).

1. Hasil diperkirakan keluar Kamis

Hasil Autopsi Kematian Gajah Dumbo Keluar Kamis IniGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Hasil autopsi, kata Hartojo, diperkirakan akan keluar pada Kamis (23/12/2021). Namun, pihaknya masih akan memperbarui lagi untuk pengumuman hasil autopsi gajah, Dumbo ini. "Sekitar kamis," ucap dia. Terkait kronologi kematian, Hartojo menegaskan belum mau memaparkannya "Nanti menunggu hasil tim evaluasi dulu nggih," kata dia.

Baca Juga: Gajah Sumatera Lahir di KBS, Risma Beri Nama Dumbo

2. Saat ini BKSDA bersama KKH, PDHI dan PKBSI ke KBS

Hasil Autopsi Kematian Gajah Dumbo Keluar Kamis IniGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia IDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, Hartojo menyampaikan kalau BKSDA bersama Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH),
Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) datang ke KBS hari ini.

"Melakukan evaluasi pengelolaan kesehatan satwa di KBS," katanya. "Nanti menunggu hasil tim evaluasi dulu nggih," dia menambahkan.

3. Sejumlah organ Dumbo dibawa ke laboratorium untuk diautopsi

Hasil Autopsi Kematian Gajah Dumbo Keluar Kamis IniGajah Dumbo di Kebun Binatang Surabaya saat dikunjungi oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Sebelumnya, Humas KBS Agus Supangkat mengatakan proses autopsi telah dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian Dumbo. Ada sejumlah organ-organ tubuh Dumbo yang sudah dibawa ke laboratorium. Namun, Agus enggan membeberkan organ apa saja yang dibawa ke laboratorium dan gejala Dumbo sebelum mati.

"Sementara yang bisa saya sampaikan KBS akan memberikan rilis resmi berkaitan kematian Dumbo. Jadi menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dan hasil autopsi. Akan kita jelaskan nanti waktu rilis resmi, biar komplit tidak terpotong-potong," pungkasnya.

Baca Juga: Dumbo, Gajah Sumatera Langka Meninggal di Kebun Binatang Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya