Bertambah, Kini 33 Kelurahan di Surabaya Nol Kasus COVID-19

Dua bulan lalu hanya ada 5 kelurahan yang nol kasus

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya masih mempertahankan posisinya sebagai zona oranye COVID-19. Dengan meningkatnya presentase kesembuhan dan ditekannya penularan, saat ini telah ada 33 kelurahan di Kota Surabaya dengan nol kasus COVID-19. Bahkan, beberapa kelurahan sudah mempertahankan nol kasus ini sejak dua bulan lalu. 

1. Berkat kerja sama Pemkot dan warga Surabaya

Bertambah, Kini 33 Kelurahan di Surabaya Nol Kasus COVID-19Arief Rahmat

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan bahwa 33 kelurahan yang telah terdapat nol kasus COVID-19 adalah bukti keberhasilan dari Pemerintah Kota dan warga Kota Surabaya yang bekerja sama untuk menekan laju penyebaran COVID-19. Hal ini terjadi lantaran pasien terkonfirmasi COVID-19 dapat dicegah agar tidak menulari ke warga lainnya.

“Jadi, mereka bisa nol kasus karena terus dikuatkan sosialisasi protokol kesehatannya, dan dilakukan operasi protokol kesehatan, serta terus melakukan penguatan Kampung Tangguh,” ujarnya, Senin (12/10/2020).

2. Pemkot juga terapkan mini lockdown

Bertambah, Kini 33 Kelurahan di Surabaya Nol Kasus COVID-19Ilustrasi karantina wilayah. IDN Times/Mia Amalia

Febri melanjutkan bahwa keberhasilan ini lantaran Pemkot  memberlakukan mini lockdown di suatu tempat atau gang apabila ditemukan ada yang positif COVID-19. Tindakan khusus akan dilakukan di area yang terdapat pasien COVID-19, seperti ketika di suatu gang ada yang terkonfirmasi positif, maka langsung dilakukan pemblokiran supaya tidak menyebar ke gang di sebelahnya.

“Bahkan, saat itu langsung dilakukan tes swab bagi warga lainnya di gang itu, sehingga cepat diketahui mana yang positif dan mana yang negatif. Nah, bagi yang positif langsung kami isolasi, sehingga tidak ada penyebaran lagi,” tuturnya.

Baca Juga: Lima Kelurahan di Surabaya Capai Nol Kasus COVID-19

3. Daftar kelurahan dengan nol kasus COVID-19

Bertambah, Kini 33 Kelurahan di Surabaya Nol Kasus COVID-19Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

33 kelurahan dengan nol kasus tersebut adalah Romokalisari, Tambak Sarioso, Genting Kalianak, Balongsari, Banjar Sugihan, Jambangan, Dukuh Menanggal, Wiyung, Karang Pilang, Kalijudan, Pucang Sewu, Bulak Banteng, Sukolilo Baru, Kedung Cowek, Bulak, Kemayoran, Perak Barat, Ampel, Pegirian, Bongkaran, Sidodadi, Simolawang, Kapasan, Tambakrejo, Bubutan, Tegalsari, Embong Kaliasin, Ketabang, Genteng, Sambikerep, Lidah Wetan, Sumberejo, dan Tambak Oso Wilangun.

Dari 33 kelurahan tersebut, 4 di antaranya sudah menjadi nol kasus sejak Agustus 2020 yaitu Tambak Wedi, Embong Kaliasin, Romokalisari, dan Embong Kalianak. Pada Agustus hanya ada 5 kelurahan dengan nol kasus namun sekarang bertambah pesat menjadi 33 kelurahan. Sementara satu kelurahan lain yaitu Krembangan Utara saat ini terdapat satu warganya yang positif COVID-19.

"Kasus konfirmasi komulatif di Kota Surabaya per 11 Oktober 2020 setidaknya ada 14.980 kasus konfrimasi komulatif. Sedangkan angka kesembuhan komulatifnya sebanyak 13.487 kasus atau sekitar 90,02 persen,” tutupnya.

Baca Juga: 2.070 Pasien COVID-19 Sembuh di RSDL Indrapura, Nol Kasus Meninggal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya