Comscore Tracker

2.070 Pasien COVID-19 Sembuh di RSDL Indrapura, Nol Kasus Meninggal

Semoga bisa terus menyembuhkan pasien!

Surabaya, IDN Times - Pusat karantina pasien COVID-19 di Jawa Timur, Rumah Sakit Lapangan (RSDL) Indrapura telah menghasilkan 2.070 kesembuhan pasien. Bahkan, dari seluruh pasien yang masuk ke RSDL tidak ada yang meninggal dunia. Sementara ini masih sekitar 150 orang yang masih dirawat di sana.

1. 2.070 pasien sembuh dan nol meninggal di RSDL

2.070 Pasien COVID-19 Sembuh di RSDL Indrapura, Nol Kasus MeninggalIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan apresiasinya atas prestasi RSDL yang meningkatkan kesembuhan serta mencegah kematian pasien COVID-19. Ia menilai bahwa karantina terpusat seperti RSDL ini merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk menangani pandemik COVID-19 utamanya di Jatim.

"Alhamdulillah, RS Lapangan Indrapura telah menyembuhkan 2.070 pasien dengan nol kematian. Ini merupakan salah satu prestasi yang luar biasa," ujar Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Jumat (25/9/2020).

2. Penanganan pasien COVID-19 di RSDL dinilai tepat

2.070 Pasien COVID-19 Sembuh di RSDL Indrapura, Nol Kasus MeninggalPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). (Humas Pemprov Jatim).

Ia menilai bahwa perawatan di RSDL sudah tepat. Pasien dikelompokkan berdasarkan intensitas gejala, sehingga bisa ditangani dengan baik sesuai kebutuhan. Selain itu pemenuhan gizi berimbang serta peningkatan imunitas pasien melalui kegiatan yang menyenangkan juga disebut membantu percepatan kesembuhan di RSDL.

"Oleh karena itu, kami semua menyampaikan terima kasih kepada para tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat, para relawan, serta semua pihak yang telah bekerja secara profesional tidak kenal lelah. Khususnya, Pangkogabwilhan II yang mengomandani RSDL ini," ungkapnya.

Baca Juga: Salat Id di RSDL Indrapura, Makmum Sampai Imam adalah Pasien COVID-19

3. Pasien OTG tetap dipantau kondisinya

2.070 Pasien COVID-19 Sembuh di RSDL Indrapura, Nol Kasus MeninggalPeresmian RS Lapangan COVID-19 di Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jatim.

Ia pun menjamin setiap pasien diperhatikan dengan baik meskipun mereka Orang Tanpa Gejala (OTG) sekalipun yang kerap dianggap tak membutuhkan perawatan. Padahal, OTG masih berpotensi terkena happy hypoxia atau kekurangan oksigen tanpa mengalami sesak napas hingga berujung kematian.

"Selain itu, untuk mencegah happy hypoxia, monitoring oksigen juga dilakukan secara ketat 3-4 kali sehari. Jadi diharapkan bisa mencegah terjadinya perburukan akibat COVID-19. Alhamdullah, saat ini kematiannya nol persen," pungkasnya.

Baca Juga: Sudah Rawat 419 Pasien, Kesembuhan RSDL Indrapura 100 Persen

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya