Atlet Peraih Emas Kini Berladang, Polda Jatim Dukung untuk Jadi Polisi

Tegar memang bercita-cita jadi polisi

Tuban, IDN Times - Gambaran masa depan masih menjadi pertanyaan bagi Teuku Tegar Abadi (22), atlet lompat galah asal Tuban, Jawa Timur. Meski sudah berhasil membawa pulang medali emas bagi Jatim di PON XX Papua, Tegar kembali ke halamannya dan memilih untuk mencangkul di ladang. Mendengar hal itu, Polda Jatim mendatangi Tegar untuk memberikan dukungan.

1. Polda Jatim datangi Tegar

Atlet Peraih Emas Kini Berladang, Polda Jatim Dukung untuk Jadi PolisiKapolda Jatim, Ijren Pol Nico Afinta. Dok. Humas Polda Jatim.

Tegar merupakan salah satu atlet berprestasi Jatim. Tak hanya meraih emas di cabang olahraga lompat tinggi galah, Tegar juga memecahkan rekor dengan ketinggian 5,15 meter yang berhasil ia raih. Kebanggaan dan euforia yang dirasakan Tegar itu luntur saat ia harus kembali mempertanyakan masa depannya ketika pulang ke rumah di Desa Prunggahan Kulon, Tuban.

Ketika mengetahui kabar mengenai Tegar, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta pun mengutus Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jatim Kombes Harry Kurniawan untuk mengunjungi Tegar. Apalagi, Tegar sempat bercita-cita untuk menjadi seorang polisi.

"Sesuai arahan bapak Kapolda Jatim, kami akan mendukung Tegar untuk masuk menjadi anggota polisi," ujar Harry, Jumat (29/10/2021).

2. Tegar sebenarnya ingin jadi polisi

Atlet Peraih Emas Kini Berladang, Polda Jatim Dukung untuk Jadi PolisiIlustrasi Gedung Mabes Polri (polri.go.id)

Saat bertemu Harry, Tegar menyampaikan bahwa sebenarnya ia memang memiliki keinginan untuk menjadi anggota polisi, melanjutkan profesi kakeknya yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Plumpang, Tuban.

Namun, cita-cita itu sempat terkubur lantaran Tegar gagal saat mengikuti proses pendaftara polisi jalur rekrutmen proaktif tahun 2020.

"Saat itu ditolak lantaran Tegar tidak mendapatkan sosialisasi tentang mekanisme rekrutmen anggota Polri dengan baik," lanjut Harry.

3. Polda Jatim berjanji akan dukung Tegar

Atlet Peraih Emas Kini Berladang, Polda Jatim Dukung untuk Jadi PolisiApel pasukan pengamanan Pilkada 2020 di Mapolda Jatim, Senin (7/12/2020). Dok. Humas Polda Jatim.

Mendengar kisah Tegar, Harry berjanji bahwa pihaknya akan mendukung Tegar untuk bergabung menjadi anggota Polri. Tegar akan didampingi dan diberi informasi dengan jelas sehingga bisa lolos seleksi.

"Kami dukung melalui proses penerimaan rekrutmen Polri yang dibuka nanti," tutur Harry.

4. Tegar dapat masa depan jelas sekaligus tetap berprestasi

Mendapatkan kesempatan bagus, Tegar pun kegirangan. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Universitas Kediri ini lega lantaran bisa mendapat masa depan yang jelas sekaligus tetap berkarya di bidang olahraga.

"Karena dengan kehadiran Tegar seorang sosok pemuda yang punya prestasi itu, diharapkan akan membuat nama Polri semakin baik dimata masyarakat, melalui jalur prestasi di olahraga," tutup Harry

Baca Juga: Curhat Atlet Jalan Cepat Jabar di PON Papua, Sempat Gak Dapat Makan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya