10 Prodi Terketat di SBMPTN Unesa, Gak Lolos Bisa Lewat Jalur Ini!

Masih ada jalur masuk lain yang dibuka di Unesa, lho

Surabaya, IDN Times - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah diumumkan. Salah satu perguruan tinggi negeri di Jawa Timur, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mendapat peminat yang cukup tinggi terutama di 10 program studi. Jika belum bisa lolos melalui SBMPTN, Unesa masih membuka jalur mandiri atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

1. 1 kursi di Unesa diperebutkan 10 orang dalam SBMPTN

10 Prodi Terketat di SBMPTN Unesa, Gak Lolos Bisa Lewat Jalur Ini!Kampus Unesa Lidah Wetan. Dok. unesa.ac.id

Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd menyebutkan, di tahun ini Unesa mendapatkan pendaftar sebanyak 29.971 peserta. Padahal, daya tampung Unesa hanya 2.990 mahasiswa di 73 program studi. Ini berarti, satu kursi di Unesa diperebutkan oleh 10 orang.

"Tahun ini persaingannya cukup ketat, terutama di 10 program studi yang beberapa tahun terakhir menjadi favorit, yakni Ilmu Komunikasi, Gizi, Manajemen, Psikologi, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, Sastra Inggris, Ilmu Administrasi Negara, Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran," ujarnya, Senin (14/6/2021).

2. Unesa masih memiliki jalur mandiri untuk para pendaftar

10 Prodi Terketat di SBMPTN Unesa, Gak Lolos Bisa Lewat Jalur Ini!Hari pertama pelaksanaan UTBK di Unesa, Senin (12/4/2021). Dok Humas Unesa

Dengan demikian, terdapat sekitar 27 ribu orang yang gagal masuk ke Unesa melalui jalur SBMPTN ini. Bambang pun meminta mereka tak berkecil hati. Unesa masih memiliki jalur mandiri yang bisa diikuti para peserta. Jalur mandiri ini juga menggunakan hasil SPMB sehingga lebih memudahkan peserta.

"Peserta masih punya peluang masuk UNESA lewat jalur mandiri atau SPMB, salah satunya bisa menggunakan nilai UTBK. Nanti kalau gak lolos, nilai UTBK itu bisa digunakan untuk mendaftar di SPMB,” tuturnya.

3. Ada beberapa jalur yang dibuka

10 Prodi Terketat di SBMPTN Unesa, Gak Lolos Bisa Lewat Jalur Ini!Kampus Unesa Lidah Wetan. Dok. unesa.ac.id

Bambang menyebutkan jalur mandiri yang disediakan UNESA tahun ini yakni jalur nilai UTBK, jalur Prestasi Keagamaan (Islam, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, Konghucu), jalur Prestasi Olahraga, jalur Prestasi Seni, dan jalur Prestasi Kepemimpinan. Selain itu, juga ada jalur Disabilitas, jalur Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK), dan Jalur D4 atau Sarjana Terapan.

"Untuk jadwal pendaftaran SPMB UNESA 2021 yakni, jalur Reguler UTBK dibuka mulai 14-18 Juni 2021. Jalur Prestasi mulai 16-23 Juni 2021. Jalur Sarjana Terapan atau D4 (Gel 1) dibuka 21 Juni-3 Juli 2021. Jalur TMUBK Sarjana mulai 21 Juni-13 Juli 2021. Jalur Disabilitas juga dibuka 21 Juni-13 Juli 2021. Sementara jalur Sarjana Terapan atau D4 (Gel 2) 23 Juni-30 Juli 2021," jelasnya.

4. Jangan lupa persiapkan berkasnya

10 Prodi Terketat di SBMPTN Unesa, Gak Lolos Bisa Lewat Jalur Ini!Hari pertama pelaksanaan UTBK di Unesa, Senin (12/4/2021). Dok Humas Unesa

Bambang mengatakan bahwa informasi lengkap mengenai pendaftaran jalur mandiri ini bisa dilihat langsung di laman resmi Unesa dan media sosial UNESA OFFICIAL. Ia juga berpesan kepada peserta agar mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bagi yang dinyatakan lolos mempersiapkan berkas tahapan lanjutan dan juga kesiapan untuk memulai proses akademik. Sementara bagi yang belum lolos mempersiapkan diri dan berkas untuk pendaftaran di jalur SPMB.

“Semoga perjuangan peserta membuahkan hasil yang diharapkan di jalur mandiri ini. Setiap usaha ada hasil, dan apapun hasilnya jangan sampai berkecil hati, justru harus tetap optimis mengejar mimpi, karena menuju sukses banyak jalannya,” pesannya.

Baca Juga: Guys, Hasil SBMPTN 2021 Diumumkan Hari Ini Lho!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya