Sakit Usai Pulang dari Hongkong, Perempuan Tulungagung Ini Diisolasi 

Pernah berkunjung ke Tiongkok bulan lalu

Tulungagung, IDN Times - Seorang pasien dirawat di ruang isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung. Pasien perempuan berinisal DS (41) warga Kabupaten Tulungagung ini mengalami batuk dan pilek usai datang dari Hongkong. Pasien tersebut harus di isolasi, karena mempunyai riwayat perjalanan dari negara terpapar virus corona (COVID - 19). Tim medis juga sudah mengambil sampel swap tenggorokan, untuk dikirim ke laboratorium Kementerian Kesehatan. Hasil uji laboratorium ini nantinya akan dijadikan bahan rujukan penanganan pasien selanjutnya.

1. Pasien dirawat di ruang isolasi

Sakit Usai Pulang dari Hongkong, Perempuan Tulungagung Ini Diisolasi Ilustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Dr Supriyanto menjelaskan pasien mulai dirawat pada Selasa (03/03) sore. Pasien dirujuk oleh Puskesmas Rejotangan. Setelah tiba di rumah sakit, pasien langsung ditempatkan di ruang isolasi.

Penempatan ini sesuai dengan prosedur penanganan virus corona di Indonesia. "Ini tidak berlebihan karena sesuai dengan prosedur, bagi mereka yang sakit setelah bepergian dari negara terpapar corona akan langsung kita isolasi, " ujarnya, Rabu (04/03).

Baca Juga: Tiongkok Terimbas Corona, Tito Minta Pemda Antisipasi Gejolak Global

2. Pernah berkunjung ke Tiongkok 10 hari

Sakit Usai Pulang dari Hongkong, Perempuan Tulungagung Ini Diisolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung, IDN Times /Istimewa

Dari hasil penelusuran tim medis, pasien ini bekerja di Hongkong. Sebulan lalu pasien diajak oleh majikannya ke Tiongkok. Di negara tersebut mereka tinggal selama 10 hari. Pasien sempat mengalami batuk pilek di Tiongkok.

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim media setempat, pasien dinyatakan negatif corona. Pemeriksaan ulang sempat dilakukan lagi setelah mereka pulang ke Hongkong. Hasilnya pasien juga dinyatakan negatif corona. Pada tanggal 27 Februari, pasien pulang ke Indonesia. "Setelah pulang pasien mengalami batuk pilek, karena khawatir yang bersangkutan langsung dirujuk ke rumah sakit ini," imbuhnya.

3. Tunggu hasil uji laboratorium

Sakit Usai Pulang dari Hongkong, Perempuan Tulungagung Ini Diisolasi Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Dr Supriyanto, IDN Times / istimewa

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, kondisi pasien dinyatakan bagus. Suhu tubuh, detak jantung hingga tensi darah semuanya normal. Meskipun begitu pasien harus tetap menunggu hasil uji lab yang dikirim ke Jakarta. Hasilnya baru akan diketahui 4 hari lagi. Setelah hasil uji lab keluar, pihak rumah sakit baru akan memutuskan langkah penanganan selanjutnya. "Kalau negatif corona bisa langsung pulang, tapi kalau sebaliknya akan kita rawat hingga sembuh," pungkasnya

Baca Juga: Imigrasi Tulungagung Periksa Sebuah Rumah Berisi 14 WNA

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya