Imigrasi Tulungagung Periksa Sebuah Rumah Berisi 14 WNA

Satu WNA dipantau kesehatannya

Tulungagung, IDN Times - Sebuah rumah di Desa Ringinpitu, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, didatangi petugas Kantor Imigrasi klas II non TPI Blitar, Selasa (03/03) malam. Rumah tersebut dihuni oleh belasan pekerja asing, yang berasal dari sejumlah negara terpapar virus corona.

Petugas memeriksa kelengkapam dokumen keimigrasian terhadap 16 WNA di rumah tersebut. Adapun 14 di antaranya merupakan warga asal Tiongkok, dan dua lainnya dari Singapura dan Malaysia. Satu WNA asal Singapura baru tiba enam hari lalu, sedangkan lainnya masuk Indonesia sejak dua pekan terakhir.

1. Terungkap dari laporan masyarakat

Imigrasi Tulungagung Periksa Sebuah Rumah Berisi 14 WNAImigrasi cek pekerja asing di Tulungagung, IDN Times /istimewa

Camat Kedungwaru, Hari Prasetijo menjelaskan, keberadaan WNA ini terungkap setelah masyarakat melapor ke pihak Kecamatan. Mereka khawatir WNA ini bisa menyebarkan virus Corona CONVID 19. Dari pendataan pihak kecamatan, rumah yang dihuni para WNA ini sebelumnya kosong selama beberapa tahun.

Rumah tersebut kemudian disewa oleh seseorang yang mengaku digunakan untuk menampung pekerja sebuah pabrik di Kecamatan Ngantru, Tulungagung. " Masyarakat yang melihat bahwa penghuninya merupakan WNA kemudian melaporkan ke kami, karena mereka khawatir bisa menyebarkan virus corona," ujarnya, Selasa (03/03) malam.

2. Hanya pegang fotocopy paspor

Imigrasi Tulungagung Periksa Sebuah Rumah Berisi 14 WNAImigrasi cek pekerja asing di Tulungagung, IDN Times /istimewa

Pihak kecamatan kemudian meneruskan laporan ini ke Kantor Imigrasi Blitar. Mereka kemudian melakukan pengecekan kelengkapan dokumen keimigrasian. Para WNA ini menunjukkan fotokopy paspor mereka.

WNA ini mengaku paspor aslinya dibawa seseorang di Surabaya, untuk diperpanjang. Mereka kemudian didata oleh petugas, dan diminta hadir ke kantor imigrasi untuk diperiksa lebih lanjut. " Petugas Imigrasi telah mendata mereka untuk diminta keterangan lebih lanjut," imbuhnya.

3. Di Tulungagung untuk urusan bisnis

Imigrasi Tulungagung Periksa Sebuah Rumah Berisi 14 WNAImigrasi cek pekerja asing di Tulungagung, IDN Times /istimewa

Sementara itu, Kasubsi Intelejen Kantor Imigrasi klas II non TPI Blitar, Priyo Eri Wicaksono menuturkan sesuai visa, para WNA ini berada di Tulungagung untuk keperluan bisnis. Dalam pemeriksaan ini mereka juga mengajak tim medis dari Dinas Kesehatan setempat, untuk memantau kondisi kesehatan para WNA ini. Berdasarkan paspor, kelima belas WNA masuk melalui Bandara Internasional Sukarno Hatta sejak dua pekan lalu. Sedangkan satu WNA asal Singapura, baru tiba 6 hari lalu. "Untuk informasi lebih lanjut kita masih akan melakukan pemeriksaan di kantor," tuturnya.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

4. Satu WNA asal Singapura dipantau kondisi kesehatannya

Imigrasi Tulungagung Periksa Sebuah Rumah Berisi 14 WNAIDN Times/Reja Gussafyn

Kasi Survailence dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tulungagung, Satrio Wibisono yang mengecek kondisi kesehatan para WNA ini menjelaskan secara umum kondisi mereka sehat. Rata rata suhu tubuh mereka 36,2 derajat sampai 36,7 derajat. Meskipun begitu mereka masih memantau kondisi kesehatan satu WNA asal Singapura, karena baru tiba 6 hari lalu. "Satu WNA asal Singapura masih terus kita pantau kondisi kesehatannya," pungkasnya

Baca Juga: Penumpang Tak Perlu Khawatir, Thermal Scanner Juanda Berfungsi Normal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya