Pikap Tersambar KA di Perlintasan Tanpa Penjaga di Blitar

Korban kecelakaan kereta vs pikap selamat

Blitar, IDN Times - Kecelakaan kereta api dan mobil pikap terjadi di perlintasan tanpa penjaga di Desa Kandangan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. KA Singasari relasi Pasarsenen-Blitar tertemper mobil pikap yang dikemudikan oleh Imam Mukibudin, warga Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Akibat kejadian ini mobil mengalami kerusakan parah. Meskipun begitu korban dinyatakan selamat.

1. Mobil melewati perlintasan tanpa perhatikan kedatangan kereta api

Pikap Tersambar KA di Perlintasan Tanpa Penjaga di BlitarKondisi mobil pickup usai menemper kereta api di Blitar. IDN Times/ istimewa

Manajer Humas DAOP 7 Madiun, Supriyanto mengatakan pihaknya menerima laporan adanya kereta api yang tertemper mobil pikap di lokasi kejadian. Peristiwa tersebut bermula saat KA Singasari relasi Pasarsenen - Blitar akan melintas di perlintasan 290 km 130 + 4. Saat itu masinis melihat terdapat pengendara mobil pikap yang akan melintas. Korban tidak berhenti di perlintasan serta tidak memperhatikan arah kedatangan KA Singasari. Masinis sendiri sudah membunyikan suling lokomotif beberapa kali, namun kendaraan tetap melintas di lokasi perlintasan, sehingga terjadi temperan dengan KA Singasari. "Peristiwa terjadi tadi sekitar pukul 10.29 WIB," ujarnya, Jumat (6/10/2023).

Baca Juga: Samanhudi Dituntut 5 Tahun Penjara Atas Perampokan Rumah Dinas Blitar

2. Kereta juga alami kerusakan dan penyok

Pikap Tersambar KA di Perlintasan Tanpa Penjaga di BlitarKondisi mobil pickup usai menemper kereta api di Blitar. IDN Times/ istimewa

Akibat benturan ini mobil pickup terlempar ke sisi sebelah utara rel kereta api. Petugas yang tiba di lokasi kejadian menemukan korban dalam kondisi selamat. Meskipun begitu mobil pickup miliknya mengalami kerusakan yang cukup parah. Lokomotif KA Singasari juga mengalami kerusakan pada lampu kabut lokomotif pecah dan Cow hanger penyok sehingga perlu dilakukan perbaikan.

"Beruntung kereta masih bisa melanjutkan perjalanan hingga Stasiun Blitar dan segera dilakukan perbaikan," tuturnya.

3. 48 insiden terjadi di perlintasan kereta api

Pikap Tersambar KA di Perlintasan Tanpa Penjaga di BlitarIlustrasi perlintasan kereta (ANTARA FOTO)

Hingga saat ini, di wilayah Daop 7 Madiun sudah terjadi 48 kali insiden di perlintasan dan jalur KA. Kejadian tersebut terdiri 17 kali temperan KA dengan kendaraan di perlintasan sebidang, 15 kali kendaraan menabrak palang pintu yang sudah tertutup dan 16 kali orang menemper KA. Dengan korban sebanyak 32 orang dan 22 diantaranya meninggal dunia.

"Dengan tertibnya masyarakat pengguna jalan dan peran optimal seluruh stakeholder, diharapkan keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud. Sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu dan pengguna jalan juga selamat sampai di tempat tujuan," pungkasnya.

Baca Juga: Kasus Kematian Siswa MTS di Blitar, Polisi Dalami Motif Pelaku

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya