Gali Tanah untuk Bangun Gudang, Warga di Tulungagung Temukan Arca

Arca Dwarapala ditemukan dalam kondisi tengkurap

Tulungagung, IDN Times - Sebuah arca Dwarapala ditemukan oleh warga Desa Podorejo, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Arca yang identik dengan penjaga daerah yang disucikan ini ditemukan oleh warga saat meggali tanah untuk keperluan pembangunan gudang masjid. Benda diduga objek cagar budaya tersebut kini disimpan oleh masyarakat setempat. Diduga masih terdapat banyak arca lagi di sekitar lokasi temuan.

1. Arca setinggi 63 sentimeter

Gali Tanah untuk Bangun Gudang, Warga di Tulungagung Temukan ArcaPetugas mengukur temuan Arca Dwarapala. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pamong Budaya Dinas Kebudayaan dan Priwisata Kabupaten Tulungagung, Winarto menuturkan arca ini memiliki tinggai 63 sentimeter, lebar 34 sentimeter dan tebal 30 sentimeter. Secara, keseluruhan kondisinya masih bagus meski bagian wajah arca tampak sudah aus.

Arca ini ditemukan di kedalaman sekitar 30 sentimeter dengan kondisi tengkurap. "Penuturan warga tidak terlalu dalam lokasi penemuannya, hanya sekitar 30 sentimeter saja, saat ditemukan kondisinya tengkurap bagian wajah di bawah," ujarnya, Kamis (03/03/2022).

Baca Juga: Bus Tertabrak Kereta di Tulungagung, Sopir JadiTersangka

2. Segera kirim surat ke BPCB laporkan temuan ini

Gali Tanah untuk Bangun Gudang, Warga di Tulungagung Temukan ArcaArca Dwarapala yang ditemukan oleh warga di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak dinas sendiri akan bersurat ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mengenai temuan ini. Nantinya mereka akan meninjau kondisi arca dan melakukan kajian. Hasilnya berupa rekomendasi ke dinas tentang Arca tersebut, apakah diperbolehkan dirawat oleh warga desa atau harus di evakuasi ke Museum.

"Apakah ini termasuk objek cagar budaya atau tidak, nanti masih perlu dilakukan kajian lebih oleh ahlinya, untuk sementara arca kita titipkan ke warga setempat," tuturnya.

3. Diduga bagian dari sebuah candi

Gali Tanah untuk Bangun Gudang, Warga di Tulungagung Temukan ArcaLokasi temuan arca Dwarapala di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu , Sekertaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Tulungagung, Trijono menduga terdapat bangunan suci atau candi di sekitar lokasi temuan. Dugaan ini merujuk pada temuan Arca Dwarapala yang berfungsi sebagai penjaga sebuah bangunan suci seperti candi atau pertirtan. Terlebih di lokasi juga ditemukan batu bata kuno serta sebuah struktur bangunan. Arca Dwarapala ini diduga berasal dari era kerajaan Majapahit.

"Dugaannya ini merupakan bagian dari sebuah candi atau bangunan suci," pungkasnya.

Baca Juga: Waduh, Arca yang Menjadi Ikon Tulungagung Rusak

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya