Pencuri Susu Formula di Trenggalek Dibekuk, Begini Modusnya! 

Dua pelaku berhasil kabur

Trenggalek, IDN Times - Komplotan spesialis pencuri susu formula di swalayan dibekuk oleh Satreskrim Polres Trenggalek. Mereka menyasar swalayan yang berada di kawasan pinggiran. Satu pelaku berinisial MN (48) warga Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban telah diamankan. Sedangka dua tersangka lain IW (52) dan K (55) berhasil kabur dan kini masih buron. Komplotan ini juga menjalankan aksinya di beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

1. Setiap pelaku memiliki peran masing-masing

Pencuri Susu Formula di Trenggalek Dibekuk, Begini Modusnya! Tersangka komplotan pencuri susu formula di Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Kapolres Trenggalek, AKBP Alith Alarino, mengatakan komplotan ini melakukan aksi pencurian di sebuah swalayan di Kecamatan Panggul. Para pelaku menggunakan kendaraan bermotor untuk mencapai toko yang menjadi target mereka. Selain itu, ketiga pelaku juga memiliki peran masing-masing dalam aksi pencurian ini.

"Pelaku laki-laki masuk ke dalam toko dan mengambil beberapa kemasan susu formula seberat 400 gram dan 800 gram. Setelah itu, barang curian tersebut diberikan kepada pelaku perempuan yang menyembunyikannya di dalam pakaian mereka," ujarnya, Selasa (30/05/2023).

Baca Juga: 8 Tahun Jalan Rusak di Trenggalek Ini Tak Kunjung Diperbaiki

2. Beraksi 3 kali di swalayan di wilayah Panggul

Pencuri Susu Formula di Trenggalek Dibekuk, Begini Modusnya! Tersangka komplotan pencuri susu formula di Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Berdasarkan hasil pemeriksaan, komplotan ini sudah 3 kali beraksi di swalayan tersebut. Mereka berhasil memperdayai karyawan toko dan berhasil melarikan diri dengan barang curian. Namun, pada aksi ketiga, kecurigaan karyawan terpicu karena keberadaan rekaman CCTV yang merekam pelaku sebelumnya. Saat mereka keluar toko, karyawan langsung melakukan pengejaran. Namun hanya satu pelaku yang dapat ditangkap sedangkan dua lain berhasil lolos.

"Kami juga mengikuti jejak pelaku hingga ke terminal, namun pelaku berhasil melarikan diri," tambahnya.

3. Susu dijual ke seseorang di Jakarta

Pencuri Susu Formula di Trenggalek Dibekuk, Begini Modusnya! Ilustrasi, tersangka. Shutterstock

Dari tersangka polisi mengamankan 19 kardus susu formula serta mobil yang digunaka untuk beroperasi. Tersangka mengaku susu formula yang dicuri ini akan dikumpulkan untuk dijual kembali kepada seseorang di Jakarta. Mereka menjual susu formula ini dibawah harga pasaran.

"Mereka menjual susu formula kemasan 800 gram seharga Rp 100 ribu, sedangkan harga normalnya mencapai Rp 190 ribu. Sedangkan susu formula berat 1.600 gram dijual seharga Rp 200 ribu, padahal harga normalnya Rp 300 ribu," pungkasnya.

Baca Juga: Mimpi Tanah Ambles, Warga Trenggalek Temukan Arca

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya