Mimpi Tanah Ambles, Warga Trenggalek Temukan Arca

Arca ditemukan saat menggali pondasi

Trenggalek, IDN Times - Sebuah arca kuno ditemukan oleh warga Desa Kamulan, Kecamatan Durenan, Kabyupaten Trenggalek. Arca yang diduga merupakan Arca Durga Mahisasuramardh ini ditemukan oleh Slamet Riyadi, saat sedang menggali pondasi di belakang rumahnya. Kini arca tersebut disimpan di balai desa setempat. Pihak desa telah melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang terkait temuan ini.

1. Dapat isyarat lewat mimpi

Mimpi Tanah Ambles, Warga Trenggalek Temukan ArcaArca yang ditemukan warga Desa Kamulan Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Slamet mengaku mendapatkan isyarat melalui mimpi sebelum menemukan arca tersebut. Pria ini bermimpi bahwa tanah belakang rumahnya ambles. Usai mendapati mimpi, Slamet iseng untuk menggali sisa pondasi yang berada di belakang rumahnya. Pada saat menggali, ada bongkahan batu yang mengganjal proses panggalian.

"Pada saat menggali ada sebuah batu, agar tetap bisa menggali sempat dipukul dengan palu. Tetapi setelah dipukul lima kali, batu yang mengganjal itu tak pecah," ujarnya, Minggu (21/05/2023).

Baca Juga: Warga Trenggalek Curi 16 Karung Cengkeh, Nilainya Hampir Rp100 Juta

2. Arca terpotong di bahgian kepala

Mimpi Tanah Ambles, Warga Trenggalek Temukan ArcaArca yang ditemukan warga Desa Kamulan Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Hingga akhirnya Slamet mencoba mengangkat batu tersebut dari tanah. Setelah diangkat ternyata batu tersebut merupakan sebuah arca yang terpotong pada bagian kepalanya. Temuan ini lalu dilaporkan ke pemerintah desa setempat. Arca tersebut kini disimpan di balai desa setempat.

"Mengetahui bahwa itu arca, saya langsung merinding. Dan segera saya laporkan ke pihak desa," tuturnya.

3. Diduga terdapat candi di sekitar lokasi

Mimpi Tanah Ambles, Warga Trenggalek Temukan ArcaArca yang ditemukan warga Desa Kamulan Trenggalek. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Kasi Pembinaan Sejarah Budaya dan Permuseuman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek, Agus Prasmono mengungkapkan, dari ciri-ciri arca tersebut diduga merupakan Arca Durga Mahisasuramardhini. Arca tersebut, dulunya sebagai arca persembahan. Arca yang ditemukan ini memiliki ukuran panjang 40 centimeter dengan lebar 18 centimeter. Apabila arca ini utuh, ukuran bisa mencapai 80 centimeter. Diduga kuat di daerah sekitar temuan terdapat candi. Dugaan ini diperkuat dengan temuan sebelumnya berupa struktur batu kuno dan pecahan keramik.

"Penemuan benda bersejarah ini bukan kali pertama di Desa Kamulan. Sebelumnya juga ditemukan struktur bata, pecahan keramik hingga terakota," pungkasnya.

Baca Juga: Ekskavasi Tahap Kedua Situs Gondang di Trenggalek, Ada Arca

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya