4 Kecamatan di Trenggalek Terendam Banjir, Warga Diungsikan

Air Sungai Ngasinan meluap

Trenggalek, IDN Times - Ratusan rumah warga Kelurahan Kelutan, Kabupaten Trenggalek terendam banjir. Ketinggian air mencapai hingga 1,75 meter. Petugas dari BPBD, Satpol PP dan Basarnas mengevakuasi warga. Mereka memprioritaskan kaum difabel, lansia, wanita dan anak untuk dievakuasi.

Banjir ini merupakan yang terparah dalam 15 tahun terakhir. Kejadian serupa pernah terjadi pada tahun 2006 lalu.

1. Paling parah terjadi di Kelurahan Kelutan

4 Kecamatan di Trenggalek Terendam Banjir, Warga DiungsikanWarga di Trenggalek dievakuasi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Lurah Kelutan, Pamuji Rohmat mengatakan air mulai masuk ke kawasan pemukiman sekitar pukul 06.00 WIB. Dari total 14 RT yang terdapat di kelurahan ini, hanya 2 RT saja yang tidak mengalami banjir. Sedangkan 12 sisanya terendam banjir.

"Kalau jumlah warga yang terdampak mencapai 3.500 jiwa saat ini beberapa di antaranya sudah diungsikan," ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: RSUD dr Soedomo Trenggalek Terendam Banjir, Pasien Dievakuasi

2. Luapan Sungai Ngasinan masuk ke kawasan pemukiman

4 Kecamatan di Trenggalek Terendam Banjir, Warga DiungsikanRumah warga yang terendam banjir. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Air yang masuk ke kawasan pemukiman ini berasal dari luapan Sungai Ngasinan. Intensitas hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan debit air di sungai tersebut meningkat. Air dari beberapa daerah masuk ke sungai sehingga meluap. "Hujan deras dalam beberapa hari membuat sungai meluap dan airnya masuk ke rumah, " terangnya.

3. Posko pengungsian dan dapur umum sudah dibuka

4 Kecamatan di Trenggalek Terendam Banjir, Warga DiungsikanWarga di Trenggalek dievakuasi. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu Sekertaris BPBD Kabupaten Trenggalek, Tri Puspita Sari menerangkan banjir ini juga terjadi di beberapa titik yang tersebar di 4 Kecamatan. Yakni Kecamatan Trenggalek, Pogalan, Gandusari dan Karangan. Posko pengungsian sudah disiapkan di Kantor Basarnas, Kecamatan Pogalan dan GOR Menak Sopal. Mereka juga telah membuka dapur umun untuk memenuhi kebutuhan logistik warga. "Banjir terparah terjadi di wilayah Kelurahan Tamanan dan Kelutan, Kota Trenggalek, " pungkasnya.

Baca Juga: Hujan Deras Sebabkan Ratusan Rumah Warga di Trenggalek Terendam Banjir

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya