Hujan Deras Sebabkan Ratusan Rumah Warga di Trenggalek Terendam Banjir

Kondisi mulai surut

Trenggalek, IDN Times - Hujan deras yang terjadi menyebabkan ratusan rumah warga di Trenggalek tergenang banjir. Danjir terjadi di beberapa titik di 6 wilayah kecamatan. Wilayah yang terdampak banjir ini di antaranya berada di Kecamatan Trenggalek, Pogalan, Gandusari, Panggul, Karangan dan Kampak. Ketinggian air yang menggenangi rumah warga ini bervariasi, mulai 50 sentimeter hingga 1 meter.

1. Air mulai masuk kawasan pemukiman sejak pagi

Hujan Deras Sebabkan Ratusan Rumah Warga di Trenggalek Terendam BanjirWarga melintas genangan air. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sekretaris BPBD Kabupaten Trenggalek Tri Puspitasari menjelaskan, debit air mulai memenuhi jalan dan masuk ke rumah warga sekitar pukul 04.00 WIB. Banjir berasal dari luapan sungai yang mengaliri wilayah setempat yang tak mampu menampung debit air. Akibatnya, ada ratusan keluarga yang rumahnya tergenang air. Ketinggian air yang meluap ke rumah warga dan jalan raya antara 30-70 sentimeter.

"Saat ini kondisinya mulai surut perlahan-lahan. Semoga empat daerah pegunungan hujannya segera reda sehingga luapan air sungai bisa terkendali," ujarnya, Sabtu (08/10/2022)

2. Pemkab siapkan 4 dapur umum

Hujan Deras Sebabkan Ratusan Rumah Warga di Trenggalek Terendam BanjirRelawan saat membantu di dapur umum. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara mengatakan pihaknya telah melakukan sejumlah langkah untuk membantu korban banjir ini. Diantaranya dengan membangun empat dapur umum guna memenuhi kebutuhan logistik warga. Keempat dapur umum ini tersebar di beberapa titik seperti di Kantor Dinas Sosial PPPA dan PMI.

"Kita juga membuat dapur umum di wilayah Panggul dan Sambirejo," terangnya.

3. Terus pantau kondisi banjir

Hujan Deras Sebabkan Ratusan Rumah Warga di Trenggalek Terendam BanjirWarga mengevakuasi kendaraan yang terendam banjir. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Relawan dari Tagana dan komunitas lainnya dikerahkan untuk membantu di dapur umum ini. Mereka membuat ribuan nasi bungkus yang langsung didistribusikan ke lokasi genangan banjir. Selain itu pihak Pemkab juga terus melakukan pendataan terkait kebutuhan logistik warga, serta pemantauan terkait debit air di lokasi banjir.

"Dinas Sosial beserta Tagana maupun BPBD siap menghadapi kejadian yang seperti ini. Dibuktikan kesigapannya mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak," tuturnya.

4. Satu jembatan putus total karena banjir

Hujan Deras Sebabkan Ratusan Rumah Warga di Trenggalek Terendam BanjirJembatan Tamanan yang putus total karena banjir. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Tak hanya merendam rumah warga, banjir juga menyebabkan sebuah jembatan di Kelurahan Tamanan putus total. Jembatan penghubung desa ini ambruk setelah terkena derasnya arus sungai yang meluap. Akibatnya warga harus memutar hingga 1 kilometer. "Semoga hujan deras tidak terjadi dalam beberapa hari kedepan agar kondisinya tidak semakin parah," pungkasnya.

Baca Juga: 2 Polisi Trenggalek Turut Jadi Korban Kerusuhan Kanjuruhan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya