RSUD dr Soedomo Trenggalek Terendam Banjir, Pasien Dievakuasi

Layanan rawat jalan sementara diliburkan

Trenggalek, IDN Times - Intensitas hujan yang tinggi dalam dua hari terakhir menyebabkan sungai Ngasinan di Trenggalek meluap. Air mulai masuk ke kawasan pemukiman. Bahkan, luapan air juga membanjiri Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedomo Trenggalek. Sejumlah pasien terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Untuk sementara pihak manajemen meliburkan layanan rawat jalan karena semua poliklinik di rumah sakit tersebut terendam banjir.

1. Air mulai masuk pukul 06.30 WIB

RSUD dr Soedomo Trenggalek Terendam Banjir, Pasien DievakuasiTangkapan layar kondisi RSUD dr Soedomo Trenggalek. IDN Times/istimewa

Humas RSUD dr Soedomo Trenggalek, Sujiono mengatakan air mulai masuk ke dalam rumah sakit pukul 06.30 WIB. Hari ini semua pelayanan rawat jalan sementara diliburkan. Karena semua poliklinik yang ada di rumah sakit tergenang air, rata-rata ketinggian air sampai lutut. Semua pasien yang berada di lantai 1 telah dievakuasi ke lantai 2. "Tapi ini potensi bisa naik, karena hujan masih terus, air juga kelihatannya masih deras dari arah sungai. Untuk semua pasien yang ada di lantai 1, sudah dilakukan evakuasi ke lantai 2 3 atau 4 yang ada di RSUD," ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kafe Instagramable di Trenggalek

2. Pasien dievakuasi ke lantai dua

RSUD dr Soedomo Trenggalek Terendam Banjir, Pasien DievakuasiTangkapan layar kondisi RSUD dr Soedomo Trenggalek. IDN Times/istimewa

Beberapa ruang yang terdampak adalah Ruang ICU, terus ruang mawar, ruang Seruni, ruang raflesia, dan ruang pelayanan. Pihak rumah sakit masih terus melakukan pendataan terhadap para pasien yang dievakuasi. " Kami dari RSUD tetap mempriorotaskan keselamatan pasien dan keluarganya," imbuhnya.

3. Akses ke rumah sakit tutup total

RSUD dr Soedomo Trenggalek Terendam Banjir, Pasien DievakuasiTangkapan layar kondisi RSUD dr Soedomo Trenggalek. IDN Times/istimewa

Banjir ini menyebabkan akses ke rumah sakit juga tertutup total. Pihak rumah sakit belum bisa menerima pasien rujukan dari puskesmas. Kecuali pasien dibantu oleh pihak BPBD atau Basarnas untuk evakuasi pasien dari wilayah ke rumah sakit umum."Prinsipnya kita tetap melayani misalnya menerima pasien melalui IGD. Karena rawat jalan kita tutup untuk pelayanan di hari ini., " pungkasnya.

Baca Juga: Hujan Deras Sebabkan Ratusan Rumah Warga di Trenggalek Terendam Banjir

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya