Waspada! Hujan Merata di Jatim Hari Ini

Hati-hati di jalan ya guys!

Surabaya, IDN Times - Hujan diprediksi masih akan mengguyur mayoritas kabupaten/kota di Jawa Timur (Jatim) pada Minggu (21/11/2021). Hal ini sesuai dengan perkiraan cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda.

1. Hujan diprediksi berlangsung seharian

Waspada! Hujan Merata di Jatim Hari IniIlustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Nah, pada pagi hari, cuaca di Jatim diprediksi cerah, berawan, berkabut, hujan ringan, hujan sedang dan hujan lebat disertai petir. Cuaca seperti ini akan berlangsung pada siang, sore maupun malam hari. "Hingga dini hari (besok) cuaca diprediksi akan sama, ada yang cerah, ada pula hujan lebat," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto.

Baca Juga: Mayoritas Wilayah Jatim Diguyur Hujan Angin dan Petir Hari Ini

2. Angin dominan dari timur ke tenggara

Waspada! Hujan Merata di Jatim Hari Inipixabay

Dengan kondisi cuaca seperti itu, sambung Teguh, suhu udara di Jatim berada di kisaran 14 - 34 derajat celcius. Sementara kelembapan udara mencapai 55 - 100 persen. Sedangkan kecepatan angin dominan dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan 0,5 - 30 kilometer per jam.

3. Bergilir di sejumlah kabupaten/ kota

Waspada! Hujan Merata di Jatim Hari IniIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain prediksi, BMKG Juanda juga mengumumkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah kabupaten/ kota. Antara lain, di Situbondo, Probolinggo, Bondowoso, Banyuwangi dan Pamekasan pada pagi hari.

Kemudian di Kota Mojokerto, Mojokerto, Gresik, Tuban, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Malang, Kota Malang, Kota Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sampang pada siang hari.

"Malam hari di Sidoarjo, Lamongan, Bojonegoro, Ngawi, Pasuruan dan Sumenep. Dini hari di Surabaya, Lamongan, Tuban dan Ngawi," kata dia.

Baca Juga: Potensi Banjir di Jatim, Hujan Lebat Siang hingga Sore Hari

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya