Comscore Tracker

Potensi Banjir di Jatim, Hujan Lebat Siang hingga Sore Hari

Semoga tidak terjadi banjir, ya

Surabaya, IDN Times - Hujan lebat disertai angin kencang diprakirakan masih melanda berbagai daerah di Jawa Timur pada Jumat (19/11/2021). Bahkan potensi terjadinya banjir di beberapa daerah berada dalam level siaga.

1. Cuaca di Jatim diprakirakan cerah hingga hujan lebat

Potensi Banjir di Jatim, Hujan Lebat Siang hingga Sore HariIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Teguh Tri Susanto menjelaskan, cuaca di Jatim pada Jumat (19/11/2021) diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Kondisi ini bertahan sejak pagi hingga malam hari.

"Sedangan dini hari diprakirakan berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang," ujarnya, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Prakiraan Hujan di Jatim Merata, Potensi Banjir Level Waspada

2. Potensi banjir di level siaga

Potensi Banjir di Jatim, Hujan Lebat Siang hingga Sore HariIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan kondisi ini, suhu udara dihitung akan berada pada kisaran 14-32 derajat celcius dengan kelembapan udara sebesar 60-100 persen. Sedangkan angin didominasi dari barat daya ke barat dengan kecepatan 05-30 kilometer perjam.

"Untuk potensi banjir berada di level siaga," lanjutnya.

3. Mayoritas hujan lebat terjadi di siang-sore

Teguh merinci, potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pagi hari diperkirakan berada di wilayah Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, dan Sumenep.

Di siang hingga sore hari, hujan dilebat cukup merata lantaran diramalkan terjadi di wilayah Surabaya, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang.

"Untuk malam hari diprakirakan di wilayah Jombang, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, dan Kota Kediri," pungkasnya.

Baca Juga: Cuaca di Jatim Hari Ini, Hujan dari Pagi Hingga Malam

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya