Mayoritas Wilayah Jatim Diguyur Hujan Angin dan Petir Hari Ini

Waspada ya lur

Surabaya, IDN Times - Cuaca di Jawa Timur diprediksi akan hujan sejak pagi hingga malam hari pada Kamis (18/11/2021). Hal tersebut berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Juanda.

1. Pagi hingga malam hari diprediksi hujan

Mayoritas Wilayah Jatim Diguyur Hujan Angin dan Petir Hari IniIlustrasi Hujan. IDN Times/Sukma Shakti

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, pada pagi hari sebagian wilayah Jatim diperkirakan cerah, berawan. Tapi ada pula yang terpantau akan diguyur hujan ringan-sedang maupun hujan lebat disertai petir.

"Siang-sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang dan hujan lebat disertai petir," ujarnya tertulis. Kondisi tersebut diprediksi berlangsung hingga malam dan dini hari.

2. Terbitkan peringatan dini

Mayoritas Wilayah Jatim Diguyur Hujan Angin dan Petir Hari IniIlustrasi Suasana Hujan di Perkotaan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Adanya perkiraan itu, kata Teguh, membuat pihaknya mengeluarkan peringatan dini. Masyarakat diminta supaya mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Nganjuk, Malang,  Pasuruan,  Probolinggo, Lumajang dan Situbondo.

Siang - sore hari di wilayah Tuban, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kediri, Kota Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso. Malam hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Kota Kediri, Pasuruan dan Kota Probolinggo.

3. Suhu udara relatif lebih dingin

Mayoritas Wilayah Jatim Diguyur Hujan Angin dan Petir Hari IniIlustrasi Suasana Hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Terkait kondisi suhu udara, Teguh menyebut bahwa Jatim selama satu hari ini tidak terlalu panas. Karena suhunya di antara 14-33 derajat celcius. Sementara kelembapan udaranya 65-100 persen. Kemudian angin yang berembus, dominan dari barat daya ke zelatan dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

Baca Juga: Hampir Semua Daerah di Jatim Diguyur Hujan, BMKG Rilis Peringatan Dini

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya