Warga Palestina yang Kabur dari Rudenim Surabaya Ditangkap di Jakarta

Kabur sejak awal tahun

Surabaya, IDN Times - Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Timur (Jatim) mengonfirmasi bahwa Deteni Rudenim Surabaya asal Palestina, Moin D Habib telah ditangkap. Deteni ini diketahui sempat melarikan diri pada 2 Januari 2022.

Baca Juga: Sudah Sebulan Lebih, Warga Palestina yang Buron Belum Tertangkap

1. Ditangkap di Jakarta

Warga Palestina yang Kabur dari Rudenim Surabaya Ditangkap di JakartaDeteni Palestina yang kabur bawa mobil dinas. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Wisnu Nugroho Dewanto mengatakan, penangkapan itu dilakukan pada Selasa (22/2/2022). Deteni tersebut ditangkap setelah keluar dari Kantor Perwakilan Palestina di Jakarta.

"Benar, sudah tertangkap," ujar Wisnu tertulis, Rabu (23/2/2022).

2. Ditangkap pada Selasa sore

Warga Palestina yang Kabur dari Rudenim Surabaya Ditangkap di JakartaDeteni Rudenim Surabaya ditangkap. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Wisnu menjelaskan Moin ditangkap pada sore sekitar pukul 16.30 WIB. Sayangnya, Wisnu masih belum memberikan keterangan secara rinci. Karena saat ini pria yang merupakan Warga Negara Palestina itu sedang diperiksa oleh penyidik dari Dirjen Imigrasi.

"Nanti akan kami sampaikan perkembangan lebih lanjut beserta kronologi penangkapan," ucap dia.

3. Deteni sempat kabur bawa mobil dinas Rudenim Surabaya

Warga Palestina yang Kabur dari Rudenim Surabaya Ditangkap di JakartaDeteni Rudenim Surabaya ditangkap. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Sebelumnya, Moin melarikan diri dari Rumah Detensi Imigrasi Surabaya di Raci, Pasuruan, pukul 12.00 WIB, Minggu (2/1/2022). Dalam pelariannya, pria berusia 41 tahun itu membawa kabur satu mobil berplat merah Chevrolet jenis Orlando berwarna hitam dengan nomor polisi N 1030 SP.

Pelarian deteni Moin berawal ketika petugas hendak melakukan penguncian blok hunian. Sesuai SOP yang ada, petugas mengontrol tiap blok dan petugas berada di lorong blok deteni. “Awalnya situasi kondusif dan aman,” ujarnya tertulis, Senin (3/1/2022).

Namun, beberapa saat kemudian, deteni asal Palestina itu mengambil jemuran dan tiba-tiba lari keluar blok dan berusaha mengambil motor petugas. Saat perebutan motor, terjadi perkelahian antara Moin dan petugas. “Saat perkelahian terjadi, deteni MDH berhasil lari ke pintu depan,” lanjut Jaya.

Baca Juga: Warga Palestina Kabur dari Rudenim Surabaya, Polda Turun Tangan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya