Usai Dilantik, Khofifah-Emil Akan Hadiri Paripurna Istimewa

Mereka akan sampaikan visi misi di depan DPRD

Surabaya, IDN Times - Usai dilantik di Istana Negara, Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak akan menjalani sidang paripurna istimewa di Kantor DPRD Jatim, Senin (18/2). Dalam sidang ini, Khofifah dipersilahkan untuk memaparkan visi misinya.

1. Paparkan langkah 99 hari kerja

Usai Dilantik, Khofifah-Emil Akan Hadiri Paripurna IstimewaIDN Times/Fitria Madia

Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjutjuk Sunario mengatakan, Khofifah dan Emil akan berpidato di sidang paripurna. Mereka akan membeberkan rencana 99 hari kerjanya selama menjabat. "Nah kami akan lihat janji kerja itu sesuai kampanye apa tidak dan apakah berjalan lancar, kami koreksi di situ," ujarnya kepada IDN Times.

2. Ada serah terima jabatan

Usai Dilantik, Khofifah-Emil Akan Hadiri Paripurna IstimewaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain berpidato tentang langkah awal 99 kerja ke depan, Khofifah akan menjalani serah jabatan dengan Soekarwo. Serah terima ini disaksikan oleh pimpinan DPRD Jatim serta seluruh undangan di rapat paripurna. "Iya ada serah terima jabatan juga dari gubernur lama ke gubernur baru," kata Tjutjuk.

3. Minta perhatikan pendidikan

Usai Dilantik, Khofifah-Emil Akan Hadiri Paripurna IstimewaDok. IDN Times/Istimewa

Pria yang juga politisi partai Gerindra ini berharap program lama yang sudah baik untuk diteruskan. Akan tetapi, apabila ada perubahan ke arah yang baik dia tetap mendukung penuh. Seperti halnya di bidang pendidikan. "Harusnya bisa jangkau masyarakat dengan biaya murah. Gaji guru honorer bisa ditingkatkan."

Baca Juga: Khofifah, Gubernur Perempuan Pertama yang Bercita-cita Jadi Reporter

4. Miliki PR soal kemiskinan di Jatim

Usai Dilantik, Khofifah-Emil Akan Hadiri Paripurna IstimewaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, lanjut Tjutjuk, kemiskinan di Jatim masih jadi pekerjaan rumah bagi pemprov dan DPRD. Berdasarkan data BPS pada September 2018, ada 4.292,15 penduduk miskin di Jatim atau sekitar 10,85 persen.

Dia pun meminta ada sejumlah kebijakan untuk terus menekan angka tersebut. "Menciptakan lapangan kerja dan investasi. Memperbanyak UMKM dan pertumbuhan ekonomi harus ditingkatkan," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Sah, Khofifah-Emil Jadi Gubernur dan Wagub Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya