[BREAKING] Sah, Khofifah-Emil Jadi Gubernur dan Wagub Jatim

Khofifah sudah pernah tiga kali mencoba Pilkada Jatim

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melantik pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, dan juga Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi. Pelantikan berlangsung pada pukul 15.30 WIB, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

Mengenakan seragam putih resmi untuk pelantikan, ketiga kepala daerah tersebut tampak siap dilantik oleh Presiden Jokowi. Khofifah, Emil, dan Fachrori sudah tiba di Istana Negara sejak pukul 14.30 WIB.

Jokowi tiba di ruang pelantikan sekitar pukul 15.52 WIB. Selain Jokowi, terlihat juga Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan istri Jokowi, Iriana Joko Widodo, mendampingi. Hadir pula mantan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, dalam pelantikan.

Di hadapan Khofifah-Emil dan Fachrori, Jokowi pun mulai memimpin pelantikan.

"Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan Saya berjanji," kata Jokowi yang diikuti Khofifah-Emil dan Fachrori, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

"Bahwa saya untuk diangkat menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur, akan setia kepada UUD Negara RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bhakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi diikuti oleh ketiganya.

Khofifah-Emil dan Fachrori yang dilantik pun mulai mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan oleh Jokowi.

"Bahwa saya dalam mejalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap mereka bertiga.

Pelantikan Khofifah-Emil dan Fachroni juga dihadiri oleh beberapa tokoh dan Menteri Kabinet Kerja. Adapun para pejabat negara yang hadir antara lain Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketua KPU Arief Budiman, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pesan Soekarwo kepada Khofifah dan Emil: Lanjutkan 'Kapal' Jatim

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya