Tips Mudik Selamat dari Pak Polisi Lalu Lintas

Tips Mudik dari Pak Polisi, Wocoen rek!

Surabaya, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim) berbagi tips keselamatan kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri dengan kendaraan pribadi. Diprediksi musim mudik tahun ini semarak. Mengingat dua tahun lalu, mudik sempat dilarang karena kondisi COVID-19 yang belum terkendali.

1. Persiapan diri ketika akan berkendara mudik perlu disiapkan

Tips Mudik Selamat dari Pak Polisi Lalu LintasIlustrasi mudik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Nah, puncak mudik sendiri diperkirakan jatuh pada 29 April 2022. Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latief Usman pun meminta para pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi supaya menjaga kesehatannya dengan istirahat dan makan yang cukup.

"Yang terpenting adalah kesehatan dirinya sendiri, waktu istirahat, cukup makan," ujarnya, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga: Janur Kuning, Cara Unik Polda Jatim Minimalisir Laka Lantas saat Mudik

2. Kesiapan kendaraan dan pengetahuan medan yang dilalui menjadi penting

Tips Mudik Selamat dari Pak Polisi Lalu LintasIlustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Tak kalah penting, kata perwira dengan tiga melati emas ini, kesiapan dan kelengkapan kendaraan yang akan digunakan mudik harus benar-benar dipastikan. "Yang paling penting itu bensin, jarak tempuhnya harus diperkirakan. Jangan sampai di tengah jalan kehabisan bensin," kata Latief.

"Serta mengetahui medan yang ada, misalnya dari Madiun mau ke Surabaya, dengan motor itu empat jam. Minimal itu berhenti dua kali untuk istirahat. Harus diketahui betul, jangan tidak memiliki perencanaan dalam perjalanan," dia menambahkan.

3. Manfaatkan rest area jika mulai lelah

Tips Mudik Selamat dari Pak Polisi Lalu LintasANTARANEWS/Ali Khumaini

Lebih lanjut, Latief juga mengimbau masyarakat yang mudik supaya memanfaatkan tempat istirahat atau rest area yang telah tersedia. Sebab, mayoritas yang melakukan perjalanan mudik masih dalam kondisi berpuasa. Rest area ini dimanfaatkan untuk mengambalikan fokus.

"Manfaatkan betul rest area yang ada, beberapa fasilitas telah disiapkan itu manfaatkan betul, silakan buat istirahat. Kalau perlu tidur, tidur aja. Kita sudah siapkan semuanya," dia menegaskan.

"InsyaAllah kalau kita telah mempersiapkan diri dan kendaraan, kita akan selamat sampai tujuan dan jangan lupa berdoa," pungkasnya.

Baca Juga: Khofifah Larang Keras ASN Mudik Pakai Mobil Dinas 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya