Comscore Tracker

Tertinggi se-Indonesia, 13.803 Siswa Jatim Lolos SNMPTN

Selamat jadi mahasiswa, semoga lulus di waktu yang tepat

Surabaya, IDN Times - 13.803 siswa Jawa Timur (Jatim) dipastikan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020. Angka ini menjadi yang tertinggi se-Indonesia, di atas Jawa Barat 9.932 siswa, Sumatera Utara 8.771 siswa, Jawa Tengah 7.147 siswa, dan Aceh 5.132 siswa. Total siswa se-Indonesia yang lolos SNMPTN sebanyak 96.496.

1. Jumlah siswa Jatim yang lolos SNMPTN tahun ini naik

Tertinggi se-Indonesia, 13.803 Siswa Jatim Lolos SNMPTNsnmptn.ac.id

Jika merujuk data tahun lalu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, jumlah siswa yang lolos SNMPTN tahun ini meningkat 77 siswa saja. Sebab, tahun lalu sebanyak 13.737 siswa dinyatakan lolos seleksi yang juga dikenal jalur undangan ini.

"Alhamdulillah, tahun lalu dan tahun 2020 ini Jawa Timur berada di peringkat pertama. InsyaAllah tahun-tahun mendatang semakin lebih banyak lagi siswa-siswi asal Jatim yang diterima di PTN-PTN," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam rilis resminya, Senin (4/5).

2. Yang belum lolos dapat ikut SBMPTN

Tertinggi se-Indonesia, 13.803 Siswa Jatim Lolos SNMPTNIlustrasi ujian (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Tak lupa, mantan Menteri Sosial ini menyemangati para siswa yang masih belum lolos SNMPTN. Perlu diingat, gerbang masuk PTN masih ada beberapa lagi. Dalam waktu dekat juga ada Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) yang akan digelar Juli mendatang.

"Kuotanya lebih besar daripada SNMPTN. Asal mau belajar dan berusaha, InsyaAllah pasti bisa lolos. Masih ada jalur lain lagi yaitu jalur mandiri universitas. Yang penting tetap optimis dan tetap pelihara semangat," kata Khofifah.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Kampus-kampus di Surabaya Siapkan Kuliah Daring

3. Angka kelulusan siswa SMA/SMK di Jatim juga naik

Tertinggi se-Indonesia, 13.803 Siswa Jatim Lolos SNMPTNilustrasi siswa-siswi SMA mengerjakan ujian akhir semester (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Di sisi lain, angka kelulusan Jatim tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tahun lalu. Di jenjang SMA prosentase kelulusan mencapai 99,91 persen, atau naik dari tahun 2019 lalu yang hanya sebesar 98,54 persen. Sedangkan pada jenjang SMK sebesar 99,84 persen, atau meningkat dari tahun 2019 lalu yang berada di angka 98,27 persen.

Baca Juga: Pengumuman SNMPTN 2020, Ini Cara Lakukan Verifikasi di 5 PTN Surabaya

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya