Sembako Murah dan Gratis Ongkir Jangkau 33 Kabupaten/Kota Bulan Ini

Programnya diperpanjang sampe akhir tahun lho buk ibuk

Surabaya, IDN Times - Warga Jawa Timur (Jatim) yang berada di 28 kabupaten/kota kini dapat menikmati sembako murah dengan gratis ongkos kirim (ongkir) melalui Lumbung Pangan Jatim. Dalam waktu dekat jangkauannya akan diperluas ke lima daerah lagi. Tak hanya itu, program ini juga diperpanjang sampai akhir tahun.

“Keputusan untuk Lumbung Pangan Jatim diperpanjang sudah saya tandatangani dan sekarang ini sedang kami siapkan untuk ditambah lagi ke lima daerah,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (23/7/2020).

1. Bulan depan ditarget jangkau semua kabupaten/kota di Jatim

Sembako Murah dan Gratis Ongkir Jangkau 33 Kabupaten/Kota Bulan IniPersiapan pengiriman sembako Lumbung Pangan Jatim via POS dan COD. Dok. Humas Pemprov Jatim

Artinya, lanjut Khofifah, program Lumbung Pangan Jatim akan tersedia di 33 kabupaten/kota se-Jatim pada bulan ini. Bahkan, Agustus mendatang layanan yang mulai digandrungi emak-emak ini ditargetkan menjangkau 38 kabupaten/kota. Pemprov tetap memberikan gratis ongkir, kerjasama dengan ojek online dan PT Pos Indonesia.

“Kita harus pastikan bahwa harga bahan pangan di Lumbung kita lebih murah dibandingkan harga pasar,” kata mantan Menteri Sosial ini.

Daerah yang sudah tercakup adalah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu yang layanannya sudah berjalan.

Ditambah lagi Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, dan Kota Madiun. Kemudian Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Jember.

2. Dinilai dapat tekan gejolak inflasi

Sembako Murah dan Gratis Ongkir Jangkau 33 Kabupaten/Kota Bulan IniPetugas PT Pos Indonesia ketika akan mengirim pesanan pelanggan dari layanan Lumbung Pangan Jatim. Dok. Humas Pemprov Jatim

Perluasan jangkauan dan perpanjangan masa program Lumbung Pangan ini dinilai sangat tepat oleh Ketua Tim Pelaksana Lumbung Pangan Jatim, Mirza Muttaqien. Menurutnya program ini bisa menekan gejolak inflasi di Jatim selama masa pandemik.

"Dengan pengendalian harga pangan maka inflasi di sektor pangan juga bisa ditekan dengan sangat baik," ucap Mirza.

Baca Juga: Cakupan Lumbung Pangan Jatim Diperluas ke Lima Daerah

3. Pemesanan bisa secara online

Sembako Murah dan Gratis Ongkir Jangkau 33 Kabupaten/Kota Bulan IniGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat peresmian perluasan jangkauan Lumbung Pangan Jatim. Dok Humas Pemprov Jatim

Mirza menambahkan, bagi warga yang ingin berbelanja sembako murah gratis ongkir dapat mengakses website di https://lumbungpanganjatim.com/ dengan pembayaran lewat bank. Tersedia juga pemesanan online dengan sistem bayar di tempat (COD) melalui WhatsApp 0811-334-0033.

"Kedua sistem belanja ini gratis biaya pengiriman hingga ke alamat pemesan," tambah dia.

Pembelian online sembako murah ini akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli dari Jatim Expo Surabaya menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia. Maksimal waktu pengiriman adalah dua hari. Pembelian bahan pangan murah dengan harga di bawah pasar bisa dilakukan dengan minimal pembelian Rp60 ribu, dan maksimal berat pembelanjaan adalah 20 kilogram.

Baca Juga: Lumbung Pangan Hadir di 28 Daerah, Khofifah: Supaya Masyarakat Tenang 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya