Masih Ada DPC Demokrat yang Minta Pelantikan Emil Ditunda

Menyoal peraturan organisasi saat Musda

Surabaya, IDN Times - Tubuh internal Partai Demokrat di Jawa Timur (Jatim) masih bergejolak dengan penunjukan Emil Elestianto Dardak sebagai nakhoda baru. Beberapa DPC secara tegas meminta supaya pelantikan Emil sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ditunda terlebih dahulu.

1. Sayangkan keputusan DPP

Masih Ada DPC Demokrat yang Minta Pelantikan Emil DitundaKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama kader Demokrat. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.)

Ketua Bappilu DPC Demokrat Kota Surabaya, Doddy Irawan menyayangkan keputusan DPP karena memberi mandat Emil ketimbang Bayu Airlangga. Menurutnya saat Musda Demokrat Jatim, mayoritas DPC di Jatim mendukung menantu mantan Gubernur Jatim, Soekarwo tersebut.

Seharusnya, lanjut dia, DPP mendengar aspirasi kader di bawah, termasuk peninjauan Peraturan Organisasi (PO) yang digunakan saat Musda lalu. PO tersebut dinilai melanggar AD/ART.

"Sebenarnya masuk akal juga ketika kader mempermasalahkan PO dan AD ART. Poin-poinnya memang tidak sesuai dengan eranya Demokrat dulu di era SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)" katanya.

Baca Juga: IMR 2022, Emil Dardak: Milennial Jangan Tinggalkan Sains

2. Pelantikan Emil nantinya dinilai tak hargai aspirasi kader di bawah

Masih Ada DPC Demokrat yang Minta Pelantikan Emil DitundaWakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak saat wawancara khusus di kediamannya bersama reporter IDN Times Ardiansyah Fajar. IDN TImes/Zumrotul Abidin.

Menurut Doddy, kalau DPP masih nekat melantik Emil Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim, sama saja tidak menghargai aspirasi kader di bawah. Dirinya meminta pelantikan ditunda. Dia mengingatkan, selama ini, partai bisa berjalan karena kerja keras kader di akar rumput.

"Demokrat di awal nasional religius. Jangan tidak sesuai itu, jangan sampai saling sikut-sikutan dan zalimlah," tegasnya.

3. Sebab dari 38 DPC di Jatim, Emil hanya dapat dukungan 13 DPC

Masih Ada DPC Demokrat yang Minta Pelantikan Emil DitundaBayu Airlangga dan Emil Dardak diminta bersalaman oleh AHY ketika Musda ke-VI DPD Demokrat Jatim, Kamis (20/1/2022). Dok. Ist.

Sementara itu, Ketua DPC Demokrat Sidoarjo, Juana Sari mengatakan, harusnya DPP melihat kondisi akar rumput di Jatim. Mayoritas suara kader di Jatim menginginkan Bayu Airlangga sebagai ketua DPD dan dibuktikan dengan raihan 25 dukungan DPC saat Musda.

"Menyatukan 25 DPC dibanding 13 DPC kan bisa dilihat berat mana, kami prihatin dengan keputusan DPP," kata dia.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Ketua Demokrat Jatim, Emil Sebut Kadernya Solid

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya