Krisis Kepadatan Hantui Lapas di Jatim

Lapas penuh, sejumlah napi dititipkan ke Polres

Sidoarjo, IDN Times - Krisis kepadatan terus terjadi di lapas/rutan di Jawa Timur (Jatim). Salah satu yang mengalami krisis kepadatan ialah Lapas Sidoarjo. Jumlah narapidana (napi) di dalam sebanyak 1.041 orang. Kapasitasnya hanya 370 napi.

1. Napi dititipkan ke polres, tidak menerima napi yang belum inkracht

Krisis Kepadatan Hantui Lapas di JatimIlustrasi hukum (Pixabay)

Kepala Lapas Sidoarjo, Teguh Pamuji mengaku kewalahan menampung napi yang terus bertambah. Bahkan, pihaknya meminta bantuan Polres Sidoarjo untuk menampung sementara napi Lapas Sidoarjo. "Masih ada 96 warga binaan yang kami titipkan ke polres,” ujarnya, Senin (11/4/2022).

Kebijakan lain untuk meminimalisir kepadatan di lapas, sambung Teguh, belum menerima napi yang statusnya masih penyidikan kepolisian maupun kejaksaan. Kebijakan ini sudah berlaku sejak awal pandemik. Tujuannya, agar lapas tidak terlalu penuh. Sehingga, sebisa mungkin menerapkan protokol kesehatan.

"Kami masih sesuai SOP dari Ditjen Pemasyarakatan, kami hanya menerima tahanan yang statusnya AIII (dalam tingkat pemeriksaan Pengadilan Negeri) atau pindahan dari rutan yang statusnya sudah inkracht," dia menegaskan.

Baca Juga: Krisis Kepadatan Lapas Surabaya, Ini Langkah Kumham Jatim

2. Lakukan penyuluhan dan pemeriksaan untuk antisipasi COVID-19 di lapas

Krisis Kepadatan Hantui Lapas di JatimKemenkumham Jatim razia Lapas Kelas IIA Sidoarjo. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Tidak itu saja, pihaknya juga melakukan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan kepada penghuni baru. Usai diberikan pengarahan terkait penerapan protokol kesehatan dalam lapas, napi baru akan ditempatkan di sel isolasi selama 14 hari. Mereka juga dites swab antigen.

"Pihak dokter lapas akan melakukan pemantauan selama proses karantina untuk memastikan warga binaan baru dalam kondisi sehat," ujar Teguh. Dengan begitu, kondisi kesehatan napi relatif terkendali. Terbukti, hingga saat ini, tidak ada kasus aktif di Lapas Sidoarjo.

3. Total napi di Jatim capai 28 ribu

Krisis Kepadatan Hantui Lapas di JatimNapi Lapas Porong dinyatakan sembuh dari COVID-19. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Sementara itu, Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Wisnu Nugroho Dewanto menyampaikan, kondisi lapas/rutan di Jatim relatif terkendali. Meski jumlah penghuni menunjukkan tren kenaikan. "Akhir tahun 2021, jumlah warga binaan sekitar 26.000-an, per hari ini sudah mencapai 28.000an," ucap Wisnu.

Tren ini membuat 39 lapas/ rutan di Jatim semakin sesak. Untuk itu, Wisnu mewajibkan jajarannya untuk tetap berpedoman pada aturan-aturan yang mengatur pengelolaan lapas/ rutan selama pandemik. "Salah satunya terkait kebijakan karantina untuk warga binaan baru, tetap harus 14 hari di sel khusus," tegas Wisnu.

Baca Juga: Kemenkumham Jatim Pengin Ada Alat Deteksi Ponsel di Lapas

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya