Korban Ganda Uang Mengaku Tidak Sadar, Begini Penjelasannya

Korban diajak ke ruangan gelap untuk menggandakan uang

Surabaya, IDN Times - Warga Gempol Pasuruan, Fahrul Akbar (22) akhirnya digelandang ke Polda Jatim. Dia ditangkap setelah melakukan penipuan uang palsu selama setahun terakhir. Setidaknya sudah empat orang yang mengaku menjadi korban dengan total kerugaian mencapi ratusan juta rupiah. Kepada IDN Times, salah satu korban, warga Jambon Sidoarjo, Wanto (36), mengaku tidak sadar jika ditipu oleh tersangka.

1. Korban dijanjikan miliaran rupiah dan tertipu ratusan juta

Korban Ganda Uang Mengaku Tidak Sadar, Begini PenjelasannyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Wanto mengaku telah tertipu Rp20,5 juta. Dia dijanjikan uang setoran akan bertambah dalam waktu sekejap. "Awalnya saya setor Rp5 juta, dijanjikan Rp500 juta. Yang kedua saya setor lagi dijanjikan Rp2 miliar. Totalnya Rp 20,5 juta yang saya setor," ujarnya.

Tak hanya Wanto, dari data yang didapatkan oleh IDN Times, korban lain MCM (63) sudah menyetor Rp445 juta. Sementara S (51) setor Rp15 juta dan P (54) Rp28 juta. Mereka semua tergiur dengan janji yang ditawarkan oleh Fahrul. Sebab, tersangka ini dikenal sebagai orang pintar bisa menyembuhkan penyakit juga.

2. Korban mengaku tidak sadar, seperti dihipnotis

Korban Ganda Uang Mengaku Tidak Sadar, Begini PenjelasannyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Wanto mengaku tidak sadar jika uang yang diberikan tersangka palsu. Dia baru mengetahui adanya penipuan setelah Fahrul ditangkap polisi. "Ya yang saya lihat itu uang asli. Rasanya seperti disirep (dihipnotis) selama ini. Pokoknya tahu-tahu di kardus itu uang palsu pas orangnya ini ditangkap," jelasnya.

Baca Juga: Akhirnya Datang ke Pengadilan, Dimas Kanjeng Batal Munculkan Rawon

3. Korban sempat diajak praktik ganda uang

Korban Ganda Uang Mengaku Tidak Sadar, Begini PenjelasannyaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Wanto juga menceritakan awal mula bertemu tersangka. Dia hanya bertanya kenapa tersangka mudah sekali membeli motor. Fahrul justru menawarkan ke Wanto agar ikut dengan dirinya. 

"Ditawari, mau gak ikut saya. Nanti saya kasih bukti. Tapi gak boleh banyak tanya. Terus diajak ke rumah Pak Solikun. Di sana ada uang jatuh dari atas. Itu saya dimasukkan ke kamar, mata ditutup dan kondisinya gelap. Keluar dari kamar ada syarat beli minyak apel jin itu," terangnya.

Baca Juga: Tiru Dimas Kanjeng, Pemuda Ini Mengaku Punya Jin Pengganda Uang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya