Khofifah Kandidat Kuat Pilgub: Emil, Eri, Fauzi Bisa Dampingi

Emil, Eri dan Fauzi bersaing ketat

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim) masih menjadi kandidat kuat yang akan maju Pilkada Jatim tahun 2024 mendatang. Namun, ada sejumlah figur yang mulai bermunculan untuk mendampingi Khofifah memimpin Jatim pada periode kedua.

Berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan di Jatim, ada tiga nama tokoh muda yang elektabilitasnya tinggi. Yakni Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

1. Emil 18,1 persen, Eri 8,5 persen dan Fauzi 6,8 persen

Khofifah Kandidat Kuat Pilgub: Emil, Eri, Fauzi Bisa DampingiANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Baihaki membeberkan, elektabilitas Emil sebagai Calon Wagub Jatim mencapai 18,1 persen. Disusul Eri yaitu 8,5 persen dan ada nama bupati dari Pulau Garam, Fauzi yang elektabilitasnya merangsek sebesar 6,8 persen.

"Tiga besar nama ini masing-masing punya faktor X," ujar Direktur ARCI, Baihaki Siraijt.

Baca Juga: Manuver Hasto Bikin Obrolan Tertutup dengan Khofifah-Eri Cahyadi  

2. Emil punya previllage sebagai petahana, Eri dan Fauzi disebut berdasar kinerja

Khofifah Kandidat Kuat Pilgub: Emil, Eri, Fauzi Bisa DampingiBupati Sumenep, Achmad Fauzi.Instagram.com/achmadfauziwy

Baihaki pun membedah faktor X yang dimaksud. Dia menyebut, tingginya elektabilitas Emil lantaran saat ini masih menjadi petahana mendampingi Khofifah. Sementara Eri dan Fauzi ditaksir punya kinerja yang bagus sehingga elektabilitasnya terus mendekati Emil.

"Ketiganya terus mengalami kenaikan elektabilitas dibanding periode (survei) sebelumnya," kata Baihaki.

3. Simulasi Khofifah-Fauzi unggul dibanding Gus Ipul-Anas dan Emil-Eri

Khofifah Kandidat Kuat Pilgub: Emil, Eri, Fauzi Bisa DampingiDirektur ARCI tunjukkan simulasi paslon Pilkada Jatim. (IDN Times/Ardiansyah Fajar).

Tak sampai di situ, ARCI kemudian mencoba membuat simulasi pasangan cagub-cawagub Pilkada Jatim 2024. Duet Khofifah - Fauzi 41,3 persen. Kemudian ada pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Azwar Anas dengan elektabilitas 15,7 persen dan Emil - Eri dengan 19,5 persen.

"Simulasi ini bisa menggambarkan peran tokoh muda di kancah politik," jelasnya.

"Khofifah punya basis massa yang kuat di kalangan nahdliyin tentu ini modal yang sangat penting. Disamping itu, bupati Fauzi cukup berhasil memimpin kabupaten Sumenep. Terbukti dari sejumlah prestasi yang ditorehkan, utamanya di sektor wisata, ini yang menjadi catatan," pungkas dia.

Baca Juga: Survei Pilgub Jatim, Khofifah Dibuntuti Risma dan Eri

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya