Jika Terpilih, Machfud-Mujiaman Janjikan 100 Ribu Lapangan Kerja Baru

Mereka juga siap menaikkan tunjangan ASN Pemkot Surabaya

Surabaya, IDN Times - Program untuk membangun Kota Surabaya mulai digaungkan oleh bakal pasangan calon wali dan wakil wali kota, Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno. Terbaru, duet mantan Kapolda Jawa Timur dan mantan Dirut PDAM Surabaya itu menjanjikan 100 ribu lapangan kerja untuk warga Surabaya jika nantinya terpilih. Keduanya juga berjanji akan menaikkan angka tunjangan bagi ASN pemkot.

1. Kolaborasikan sektor pemerintah dan swasta untuk 100 ribu lapangan kerja

Jika Terpilih, Machfud-Mujiaman Janjikan 100 Ribu Lapangan Kerja BaruBacawali-bacawawali Kota Surabaya, Machfud Arifin-Mujiaman jalani tes kesehatan, Jumat (18/9/2020). IDN Times/Dok Istimewa

Lapangan kerja memang sangat dibutuhkan oleh warga Surabaya. Sebab, selama pandemik COVID-19, tak sedikit yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan.

"100 ribu lapangan pekerjaan bisa kita raih dengan menyinergikan antara program pemerintah dan swasta. Kuncinya komunikasi dengan pelaku usaha," ujar Machfud, Senin (21/9/2020).

"Permudah izin dan aktivitas usaha mereka, Insyaallah kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan lapangan kerja sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat," dia menambahkan.

2. Beri perhatian serius ke usaha mikro dan makro

Jika Terpilih, Machfud-Mujiaman Janjikan 100 Ribu Lapangan Kerja BaruBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak kalah pentingnya, lanjut Machfud, yakni pemulihan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak pandemik selama berbulan-bulan. Maka, UMKM nantinya juga mendapatkan perhatian  serius. Sedangkan sektor usaha makro dan pemodal besar juga harus tetap menjalankan roda usahanya.

"Semua harus beriringan.  Jangan sampai ada disparitas. Semua harus didorong untuk terus berkembang dalam situasi apapun. Semua sektor, baik pemerintah maupun swasta harus berkolaborasi. Bergandengan tangan, sama-sama membangun kota,” tegasnya.

Baca Juga: Bukan Pejabatnya, Mujiaman Tegaskan Dapat Dukungan dari Pengusaha RPH

3. Berniat tingkatkan angka tunjangan ASN Pemkot Surabaya

Jika Terpilih, Machfud-Mujiaman Janjikan 100 Ribu Lapangan Kerja BaruBakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (kiri) dan Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman Sukirno saat mendaftar ke KPU, Minggu (6/9/2020). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Terpisah, Mujiaman mengatakan kalau dirinya bersama Machfud berniat meningkatkan angka tunjangan bagi ASN Pemkot Surabaya. Menurutnya, semakin banyak upah maupun tunjangan yang didapat, maka kinerja mereka juga akan lebih produktif.

"Bukan menambah tunjangan baru, tapi meningkatkan nilainya. Sehingga yang dibawa pulang itu lebih dari sekarang. Mereka makin makmur," ucapnya.

Baca Juga: Sempat Positif COVID-19, Machfud Arifin Lanjutkan Tes Kesehatan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya