HUT ke-75 RI, Risma Bangkitkan Karakter 'Wani'! 

Ajak warga Surabaya untuk terus bergotong royong

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terlihat khidmat saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia di Balai Kota Surabaya, Senin (17/8/2020). Lantaran masih pandemik COVID-19, upacara menerapkan protokol kesehatan ketat. Dalam sambutannya, Risma menekankan perihal corona dan ekonomi.

1. Akui belum lepas dari pandemik, tapi kondisi Surabaya terus membaik

HUT ke-75 RI, Risma Bangkitkan Karakter 'Wani'! Upacara peringatan HUT ke-75 RI di Balai Kota, Senin (17/8/2020). Dok. Humas Pemkot Surabaya

Hari ini, lanjut Risma, seluruh penjuru dunia belum sepenuhnya terlepas dari pandemik. Dia mengakui semua indikator makro dan mikro Surabaya menurun. Kenyataan pahit ini harus menjadi cambuk untuk segera dituntaskan. Meski dengan keterbatasan, Surabaya perlahan keluar dari kekangan pandemik.

"Berkat gotong royong dan kerja keras dan disiplin yang kuat. Kondisi Surabaya saat ini memang makin bagus, tingkat penularan sudah lebih rendah. Yang sakit makin sedikit, yang sembuh sudah lebih banyak," kata Risma.

2. Ajak masyarakat terus maju dan miliki karakter "Wani"

HUT ke-75 RI, Risma Bangkitkan Karakter 'Wani'! Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menjadi inspektur upacara HUT ke-75 RI di Balai Kota, Senin (17/8/2020). Dok. Humas Pemkot Surabaya

Wali kota dua periode ini mengajak seluruh masyarakat harus berani. Sekali jalan harus maju terus, tidak boleh mundur, apalagi menyerah. Dia meyakini, kondisi tidak mungkin selamanya begini, ada saatnya turun maupun naik. Tuhan menurunkan musibah untuk menguji kekuatan.

"Ayo kita kuat. Kita pasti bisa melewati semua, dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," tegasnya.

"Saya juga mengajak Warga Surabaya untuk membuat karakter baru yaitu warga Surabaya wani disiplin, wani kerja keras, dan teguh menjaga kebersamaan," Risma menambahkan.

Baca Juga: Putra Risma Siap Maju Pilkada Surabaya, Armuji: Gak Ada Masalah

3. Ingatkan disiplin protokol saat beraktivitas terutama di dunia kerja

HUT ke-75 RI, Risma Bangkitkan Karakter 'Wani'! Upacara peringatan HUT ke-75 RI di Balai Kota, Senin (17/8/2020). Dok. Humas Pemkot Surabaya

Presiden UCLG Asia Pasifik itu berharap kepada semua yang beraktivitas di dunia kerja dan bisnis menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam kesehariannya. Risma juga mengajak meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan bergizi, termasuk vitamin dan ramuan rempah atau empon–empon serta berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi hari.

"Marilah kita konsisten melaksanakan protokol kesehatan, memang membatasi kemerdekaan namun inilah cara yang harus diikuti untuk mencapai hidup lebih baik dan penyakit bisa dikendalikan serta kemerdekaan berekspresi seperti sediakala," ungkap dia.

4. Optimistis ekonomi Surabaya segera pulih dan tumbuh

HUT ke-75 RI, Risma Bangkitkan Karakter 'Wani'! Upacara peringatan HUT ke-75 RI di Balai Kota, Senin (17/8/2020). Dok. Humas Pemkot Surabaya

Dalam kesempatan ini, Risma membeberkan pertumbuhan ekonomi sektor perizinan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) naik dari Rp908 miliar pada 2010 menjadi Rp5,38 triliun pada 2019. Mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) itu menyebut perputaran uang di Surabaya lebih dari Rp10 triliun per hari.

"Peluang ini harus kita manfaatkan dengan cerdas sebagai wirausaha untuk dapat berkehidupan lebih baik dibanding dengan bekerja ikut orang lain. Seperti peserta Program Pahlawan Ekonomi yang awalnya bertujuan membantu ibu rumah tangga mengentaskan kemiskinannya," jelasnya.

"Perbaikan kondisi perekonomian kita harapkan bisa berkesinambungan, sehingga pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya 2020 diproyeksikan masih tetap positif serta diproyeksikan mencapai bisa angka 6,78 persen hingga 9,51 persen di tahun depan. Semoga kita jadi pemenang setelah era pandemik COVID-19," tegasnya.

5. DPRD dukung penuh langkah pemkot

HUT ke-75 RI, Risma Bangkitkan Karakter 'Wani'! Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono selepas mengikuti upacara peringatan HUT ke-75 RI di Balai Kota, Senin (17/8/2020). Dok. Humas Pemkot Surabaya

Sementara itu, Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono mengakui bahwa masa pandemik merupakan masa sulit bagi Kota Surabaya, Indonesia, dan dunia. Sebab, pertumbuhan ekonominya diproyeksikan akan minus. Pihaknya mendukung langkah pemkot yang memproyeksikan pemulihan ekonomi.

"Kami berketetapan, pokoknya apa yang diambil wali kota, pemerintah kota sejauh untuk kebaikan Surabaya kami akan loloskan. Seperti aktivasi unit ekonomi (sektor usaha dan UMKM), karena kalau gak pulih akan akibatkan pengangguran. Pertumbuhan ekonomi lambat," kata dia.

Baca Juga: Risma: 90 Persen Warga Surabaya Disiplin Protokol Kesehatan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya