Dukungan Mengalir ke Fauzi untuk Maju Pilgub Jatim

Wis cocok ta rek?

Surabaya, IDN Times - Bupati Sumenep, Achmad Fauzi mendapatkan dukungan dari berbagai elemen Madura untuk maju sebagai Calon Gubernur Jatim dalam Pilkada 2024 mendatang. Mereka menilai Fauzi sudah teruji kepemimpinannya di Madura.

1. Taretan dukung karena perhatian dengan masyarakat kepulauan

Dukungan Mengalir ke Fauzi untuk Maju Pilgub JatimBupati Sumenep Achmad Fauzi saat berbincang dengan IDN Times. (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Terbaru, dukungan mengalir dari Komunitas Masyarakat Madura Sehe Sabettane alias Taretan Selamanya. Presiden Sehe Sabettane, Badrul Aini, menilai sudah waktunya putra Madura menjadi Gubernur Jatim, meneruskan yang pernah diemban M Noer.

“Sudah waktunya Cak Fauzi memimpin di level Jawa Timur. Kami akan mendukung penuh. Karena selain Cak Fauzi berhasil membawa perubahan baik di Sumenep, figurnya yang dekat dengan masyarakat juga menjadi alasan,” ujar Badrul.

Menurut Badrul, kedekatan Fauzi kepada masyarakat tak terbatas di wilayah daratan. Silaturahmi dengan masyarakat di wilayah kepulauan juga tetap intens. Fauzi kini menjadi satu-satunya tokoh yang pantas mewakili Madura di level Jatim.

“Kami bersama Laskar Sehe Sabettane akan mendukung penuh Cak Fauzi untuk memimpin Jawa Timur," kata dia.

"Mana ada pejabat yang mau memikirkan nasib orang pulau dan turun langsung ke Kepulauan Sumenep terluar, hanya Cak Fauzi yang dekat dengan warga kepulauan. Apalagi ketika memimpin Jawa Timur, wilayah kepulauan akan semakin maju dan berkembang,” Badrul menambahkan.

Baca Juga: Elektabilitas 3 Besar di Jatim: Khofifah, Emil, dan Fauzi

2. Asosiasi travel menila Fauzi perjuangkan reaktivasi rel kereta di Madura

Dukungan Mengalir ke Fauzi untuk Maju Pilgub JatimBupati Sumenep Achmad Fauzi saat berbicara di samping Menkopolhukam Mahfud MD dan Menkeu Sri Mulyani di Pendopo Kabupaten Sumenep, Kamis (2/2/2023). Dok. Istimewa.

Dukungan juga datang dari komunitas travel di Madura. Ketua Asosiasi Travel Madura Community (TMC) Hermansyah mengatakan, Madura harus memiliki keterwakilan di level provinsi. Ini agar kepentingan masyarakat Madura bisa terakomodasi, bukan sekadar wacana.

“Kami para pemilik dan pengusaha travel Madura melalui TMC mendukung Cak Fauzi menjadi Gubernur Jawa Timur. Kepentingan masyarakat Madura harus ada yang mewakili,” kata Hermansyah.

Menurutnya Fauzi menjadi tokoh yang tepat untuk memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Madura di level provinsi. Pasalnya, beragam terobosan dan keberanian Fauzi dalam menyuarakan kepentingan masyarakat Madura kerap dilakukan.

Diketahui, Fauzi kerap menyuarakan aspirasi masyarakat Madura bahkan di level nasional. Setelah menyampaikan langsung kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah, Fauzi bahkan menyambangi kantor Menteri Perhubungan.

Fauzi menyuarakan pentingan reaktivasi kereta api. Dia juga menginisiasi pengoptimalan armada kapal laut demi menunjang konektivitas, termasuk memaksimalkan perjalanan udara di Bandara Trunojoyo, Sumenep.

3. Anak muda ikut dukung Fauzi maju Pilgub Jatim 2024

Dukungan Mengalir ke Fauzi untuk Maju Pilgub JatimBupati Sumenep, Achmad Fauzi.Instagram.com/achmadfauziwy

Lebih lanjut, anak muda dari Bangkalan, M Fawwas, masuk dalam barisan pemuda Madura yang mendukung Fauzi untuk mewakili Madura di kontestasi Pilgub Jatim. Menurut eks kontestan Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2021 Jatim itu, Madura harus memiliki keterwakilan.

“Saya mendukung Bapak Fauzi untuk maju pada Pilkada Jawa Timur," kata dia.

Serupa Fawwas, Indra Alfa Rizky juga mendukung Fauzi untuk mewakili Madura dalam kontestasi Pilgub Jatim pada 2024. Indra merupakan pemuda asal Sumenep yang kini berkuliah di Jakarta. Menurut Indra, Fauzi menjadi sosok yang diyakini mampu mengakomodasi kepentingan anak-anak muda.

“Saya mengajak pemuda Jawa Timur, terutama anak-anak muda Madura, untuk mendukung Cak Fauzi sebagai Gubernur Jawa Timur. Karena Jawa Timur butuh sosok pemimpin muda yang berani dan bekerja ikhlas untuk masyarakat,” ungkapnya.

Indra menilai Fauzi menjadi sosok yang pas untuk mewakili pemuda di Jawa Timur, terutama Madura. “Saya yakin Cak Fauzi bisa bekerja dengan baik dan mampu mengakomodasi kepentingan anak muda di Jawa Timur,” katanya.

Hal serupa juga disuarakan Kanzul Fikri. Mahasiswa Universitas Indonesia dari Jember itu menilai Jawa Timur harus memiliki sosok pemimpin yang kuat dan berani. Ini agar beragam potensi yang dimiliki bisa tergarap maksimal.

“Cak Fauzi ini pemimpin yang kuat dan berani. Karena itu, saya mendukung Cak Fauzi menjadi Gubernur Jawa Timur,” ungkapnya.

4. Peneliti sebut Fauzi kompetitif

Dukungan Mengalir ke Fauzi untuk Maju Pilgub JatimBupati Sumenep, Achmad Fauzi.Instagram.com/achmadfauziwy

Peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC), Surokim Abdussalam menilai dukungan tersebut cukup realistis. Menurut dia, warga Jatim akan bangga jika ada warga dan kepala daerah dari kabupaten/kota yang bisa maju dan mendapat dukungan dalam Pilgub 2024.

"Kian banyak kepala daerah di Jatim disounding untuk menjadi calon saya pikir akan kian baik untuk atmosfer politik Jatim," kata dia.

Khusus Achmad Fauzi, menurut Surokim termasuk salah satu bupati di Jatim yang berprestasi dan punya modal politik yang cukup kompetitif untuk bisa maju ke Jatim. "Dalam pandangan saya beliau akan kompetitif dalam posisi sebagai wagub jika ikut running di kontestasi Pilgub Jatim 2024," ucap Surokim.

"Menurut saya beliau punya peluang untuk maju sebagai bacawagub. Ada banyak alasan yang bisa memperkuat peluang itu. Pertama beliau sudah memiliki pengalaman sebagai wakil kepala daerah dan sebagai kepala daerah dengan tingkat kepuasan baik dan berprestasi," imbuh pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura ini.

Fauzi, lanjut Surokim, juga kepala daerah yang menjadi Ketua DPC PDIP Sumenep. Tentu akan memudahkan dalam kandidasi di partai. Secara geopolitik Fauzi bisa menjadi representasi tokoh dengan latar budaya Madura untuk memperkuat politik Jatim.

"Tentu dari sisi usia beliau masih muda dan punya energi dan ide-ide progresif untuk Jatim. Beberapa potensi itu membuat Fauzi punya peluang untuk bisa maju 2024. Namun jika melihat tren elektabilitas saya ikir posisi Cawagub cukup masuk akal untuk beliau di 2024," pungkas dia.

Baca Juga: Gaya Politik Happy Cara Fauzi Dekati Gen Z

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya