Elektabilitas 3 Besar di Jatim: Khofifah, Emil, dan Fauzi

Bupati Sumenep jadi kuda hitam di survei ARCI

Surabaya, IDN Times - Accurate Research & Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait Pemilu 2024. Selain persaingan Pemillihan Presiden (Pilpres), juga ada mengenai tokoh-tokoh yang bersaing dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim).

1. Khofifah masih unggul dibuntuti Emil dan ada kuda hitam dari Sumenep

Elektabilitas 3 Besar di Jatim: Khofifah, Emil, dan FauziBupati Sumenep Achmad Fauzi saat berbicara di samping Menkopolhukam Mahfud MD dan Menkeu Sri Mulyani di Pendopo Kabupaten Sumenep, Kamis (2/2/2023). Dok. Istimewa.

Nah, dalam survei ARCI, nama petahana Khofifah Indar Parawansa masih memiliki elektabilitas paling tinggi. Disusul nama wakilnya, Emil Elestianto Dardak. Menariknya di tempat ketiga muncul nama Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

Data milik ARCI yang diterima IDN Times, elektabilitas Khofifah sebesar 27,9 persen, Emil 15,3 persen dan Fauzi 7,5 persen. “Ketika ada pertanyaan kalau pemilihan (Gubernur Jawa Timur) dilakukan sekarang, siapa yang bapak/ibu pilih, selalu ada nama Ibu Khofifah, Pak Emil dan Achmad Fauzi,” ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Khofifah Kandidat Kuat Pilgub: Emil, Eri, Fauzi Bisa Dampingi

2. Khofifah dan Emil diuntungkan karena petahana, Fauzi muncul karena isu kereta

Elektabilitas 3 Besar di Jatim: Khofifah, Emil, dan Fauzi(Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wagub Emil Dardak ke KPK) IDN Times/Santi Dewi

Munculnya nama Khofifah menjadi yang tertinggi dalam survei, kata Baihaki, merupakan hal yang wajar. Karena Khofifah merupakan petahana. Begitu juga Emil. Apalagi, kedua tokoh ini menunjukan kinerja yang memuaskan.

Namun, sambung Baihaki, ada yang menarik. Yakni munculnya nama Fauzi. Menurut dia, Fauzi mulai mencuat setelah getolnya dia mendorong realisasi reaktivasi kereta api di Madura.

“Sebelumnya, kita belum mengetahui ada nama Achmad Fauzi. Tapi belakangan, seiring munculnya isu reaktivasi kereta Madura, nama Fauzi masuk sebagai kuda hitam di Pilkada Jawa Timur,” kata dia.

3. Survei ARCI libatkan 1.249 warga Jatim

Elektabilitas 3 Besar di Jatim: Khofifah, Emil, dan FauziAccurate Research & Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait Pemilu 2024. Dok. Istimewa.

Sekadar diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 25 April-4 Mei 2023. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.249 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga: Khofifah-Emil Mulai Pecah Kongsi, Eri dan Fauzi Jadi Opsi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya