Ditabrak Truk, Jembatan Bojonegoro-Ngawi Tak Bisa Dilewati

Jembatan sementara baru akan rampung dibangun sepekan lagi

Bojonegoro, IDN Times - Arus lalu lintas yang menghubungkan Ngawi-Bojonegoro dialihkan untuk sementara waktu. Penyebabnya, tiang Jembatan Ngantru yang merupakan jalan nasional penghubung dua kabupaten ini ditabrak truk pengangkut semen curah, Rabu (9/2/2022). Alhasil jembatan tersebut rusak.

1. Sekarang siapkan jembatan sementara

Ditabrak Truk, Jembatan Bojonegoro-Ngawi Tak Bisa Dilewatiilustrasi jembatan (pixabay.com/godponders)

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBJN) Jawa Timur (Jatim) - Bali, Achmad Subki membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya saat ini sedang membangun jembatan pengganti jenis Bailey agar jalur transportasi di wilayah tersebut tetap berfungsi.

"Kita akan bangun jembatan bailey. Bahan-bahan jembatan hari ini sudah di lapangan, dan besok sudah mulai dirangkai," ujarnya, Kamis (10/2/2022).

2. Diperkirakan sepekan selesai tapi batas maksimum kendaraan 10 ton

Ditabrak Truk, Jembatan Bojonegoro-Ngawi Tak Bisa DilewatiJembatan Ngantru rusak ditabrak truk semen curah. Capture igstory

Pembangunan jembatan pengganti sementara ini, lanjut Subki, diperkirakan butuh waktu satu pekan. Namun ketika jembatan sementara selesai, BBJN Jatim membatasi kendaraan yang akan melintasinya. Karena jembatan tidak sekuat dengan yang permanen.

"Sekitar sepekan InsyaAllah sudah rampung dan bisa dilalui. Kendaraan dengan berat di atas 10 ton dilarang melintas. Pilih jalan alternatif saja," kata dia.

Baca Juga: Geliatkan UMKM, Jembatan Suroboyo Mulai Dibuka

3. Jembatan ditabrak truk yang mengalami rem blong

Ditabrak Truk, Jembatan Bojonegoro-Ngawi Tak Bisa DilewatiIlustrasi kecelakaan truk. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Kasatantas Polres Ngawi, AKP Zainul Imam Zyafi’i menjelaskan, kejadian ini bermula saat truk semen yang dikemudikan  Chusnul Adnan melintasi Jembatan Ngantru sekitar pukul 01.00 WIB. Tiba-tiba truk mengalami rem blong dan tidak kuat menanjak, sehingga mundur lalu menabrak jembatan.

Kerusakan jembatan akibat dihantam truk disebut sangat parah. Aspal jembatan bahkan amblas satu meter dan membuat jembatan hampir putus. Jembatan tersebut ditutup total sejak Kamis pagi. Arus kendaraan dari Ngawi ke Bojonegoro dialihkan melalui Nganjuk, sedangkan jalur dari Bojonegoro ke Ngawi dialihkan ke Jalur Pantura.

Baca Juga: Viral, Video Penyelamatan Wanita Bawa Anak Hendak Loncat dari Jembatan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya