Datang Lebih Awal, Erji Nomor Urut 1, Maju Nomor 2

Pengambilan nomor undian dilakukan dengan protokol kesehatan

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya melaksanakan rapat pleno undian peserta Pilkada 2020 di Hotel Singgasana, Surabaya, Kamis (24/9/2020). Undian ini dihadiri langsung dua pasangan calon (paslon), Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman. Serta, diawasi langsung oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surabaya.

1. Pengambilan nomor undian dilakukan dengan protokol kesehatan

Datang Lebih Awal, Erji Nomor Urut 1, Maju Nomor 2Proses pengambilan nomor urut peserta Pilkada Surabaya, Kamis (24/9/2020). Tangkapan layar YouTube

Dalam undian nomor urut peserta Pilkada 2020, KPU Surabaya menerapkan protokol kesehatan ketat. Acara dilangsungkan tidak di dalam gedung tapi di luar area dengan mendirikan tenda terop. Seluruh petugas memakai masker. Kedua paslon juga terlihat menggunakan masker dan face shield.

"Hari ini kami akan melakukan pengundian nomor urut pasangan calon yang telah ditetapkan. Nomor urut ini akan bisa digunakan untuk kampanye," ujar Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi saat live streaming di YouTube KPU Surabaya.

2. Eri Armuji datang lebih awal dan dapat kesempatan ambil nomor media lebih dulu

Datang Lebih Awal, Erji Nomor Urut 1, Maju Nomor 2Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji usai tes kesehatan, Selasa (8/9/2020). Dok istimewa

Setelah itu, kedua paslon diminta bergantian mengambil nomor media undian. Kesempatan pertama diberikan kepada Eri-Armuji, lantaran paslon ini tiba lebih dulu di lokasi pukul 12.04 WIB. Sedangkan Machfud-Mujiaman datang pada pukul 12.55 WIB. Ketika kedua paslon sudah mengambil nomor media, Syamsi mempersilakan membukanya bersamaan. Eri-Armuji dapat nomor 4 dan Machfud-Mujiaman nomor 9.

Baca Juga: Jika Terpilih, Machfud-Mujiaman Janjikan 100 Ribu Lapangan Kerja Baru

3. Nomor media Eri-Armuji lebih kecil, paslon dapat nomor urutan 1

Datang Lebih Awal, Erji Nomor Urut 1, Maju Nomor 2Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji usai tes kesehatan, Selasa (8/9/2020). Dok istimewa

Sesuai aturan yang disepakati, paslon yang mempunyai nomor media lebih kecil akan mengambil nomor undian lebih dulu. Eri-Armuji pun diberi kesempatan itu. Disusul Machfud-Mujiaman. Syamsi kembali meminta keduanya membuka nomor undian secara kompak. Hasilnya, Eri-Armuji dapat nomor urut 1 dan Machfud-Mujiaman nomor urut 2.

Pada kesempatan ini, Syamsi berharap supaya pesta demokrasi ini bisa bersinergi semua dengan pihak-pihak terkait buntuk menghadirkan pemilu yang jujur dan adil.  "Semangat persatuan dan kesatuan menjadi gerak semangat demokrasi. Dan kita sama-sama mengedukasi warga untuk menggunakan gak pilihnya pada 9 Desember mendatang," pungkas dia.

Baca Juga: Eri-Armuji Tolak Datang ke KPU Saat Pengundian Nomor Paslon

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya