ASN Pemprov Jatim Tidak Libur di Tengah Wabah Virus Corona

Yang penting tetap jaga pola hidup sehat ya~

Surabaya, IDN Times - Hingga Minggu (15/3), jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 117 orang. Tapi, belum ada satu pun temuan positif virus tersebut di Jawa Timur (Jatim). Maka, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menegaskan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak libur.

1. Boleh libur jika sakit dan dilengkapi surat dokter

ASN Pemprov Jatim Tidak Libur di Tengah Wabah Virus CoronaIlustrasi. Unsplash/Ashkan Forouzani

Khofifah menyampaikan, pemprov akan memberikan libur kepada ASN apabila ada keluhan sakit. Terlebih menyerupai gejala penderita virus corona, yaitu batuk, pilek, hingga demam.

"Saya minta surat keterangan dokter dan minta izin," ujarnya saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Minggu malam (15/3).

2. ASN diminta rutin jaga kebersihan

ASN Pemprov Jatim Tidak Libur di Tengah Wabah Virus CoronaGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam (15/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

ASN yang dalam kondisi prima dan tetap masuk hari ini, Senin (16/3), diminta menjaga kebersihan ruang kerja dan lingkungan sekitarnya. Jika akan presensi menggunakan finger print, diimbau membiasakan diri membersihkan tangan sebelum dan sesudahnya.

"Pastikan sebelum finger print itu dibersihkan. Setelah finger print (juga) dibersihkan," kata dia.

Maka, di sekitar tempat finger print wajib disediakan minimal hand sanitizer. Jika memungkinkan, diharapkan ada wastafel.

Baca Juga: Khofifah Pimpin Rakornis Pencegahan Corona, Ini Poin-poin Pentingnya

3. Tiadakan apel dan hari besar

ASN Pemprov Jatim Tidak Libur di Tengah Wabah Virus CoronaGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu malam (15/3). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Khofifah juga memastikan bahwa kegiatan apel yang biasa diselenggarakan pada Senin pagi, untuk sementara ditiadakan. Dia juga menunda perayaan hari-hari besar di lingkup ASN Pemprov Jatim.

"Kami sepakat untuk menunda. Minimalisir tatap muka," ucap Khofifah.

4. Setop perjalanan dinas ke luar kota, provinsi, dan luar negeri

ASN Pemprov Jatim Tidak Libur di Tengah Wabah Virus CoronaIlustrasi. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Seluruh perjalanan dinas ke luar kota, provinsi, hingga luar negeri juga akan ditunda. Semua ASN harus memaklumi kebijakan ini, apalagi jika ada tujuan perjalanan dinas ke daerah terjangkit virus corona.

"Menunda seluruh perjalanan dinas ke luar kota dan luar negeri, khususnya yang sudah terjangkit (corona)," kata Khofifah.

Baca Juga: Antisipasi Virus Corona, Khofifah Liburkan SMA/SMK se-Jatim, tapi. . .

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya