Asli Surabaya, Mengenal Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim yang Baru

Gantikan Irjen Pol Fadil Imran yang jadi Kapolda Metro Jaya

Surabaya, IDN Times - Gerbong mutasi di internal Polri kembali bergerak. Melalui surat telegramnya, Kapolri Jenderal Idham Aziz menetapkan Irjen Pol M. Fadil Imran sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana. Sementara jabatan Fadil yang sebelumnya sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim), kini diisi oleh Irjen Pol Nico Afinta.

Lantas siapakah sosok Nico?

1. Sebelumnya menjabat Kapolda Kalsel, berpengalaman di bidang reserse

Asli Surabaya, Mengenal Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim yang BaruIrjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. didampingi Dir Reskrimsus Polda Kalsel melaksanakan Press Release Tindak Pidana Terkait UU ITE dan Perlindungan Konsumen bertempat di Lobby Utama Mapolda Kalsel. Instagram.com/Humas Polda Kalsel

Irjen Pol Nico Afinta merupakan jenderal bintang dua yang sebelumnya memimpin Polda Kalimtan Selatan (Kalsel). Nico adalah perwira tinggi yang bergelut di bidang reserse. Lulusan akademi polisi (Akpol) tahun 1992 ini belum pernah sama sekali berdinas di wilayah Polda Jatim. Artinya, jabatan Kapolda menjadi debutnya di Jatim.

Data yang dikumpulkan IDN Times, sebelum menjabat kapolda, Nico pernah mengemban tugas sebagai Kapolrestabes Medan (2013), Dirresnarkoba Polda Metro Jaya (2016), Dirreskrimum Polda Metro Jaya (2017), hingga Sahlisosopol Kapolri (2019).

2. Lahir dan sekolah di Surabaya

Asli Surabaya, Mengenal Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim yang BaruKapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. ANTARA/Firman

Nico sendiri merupakan arek Suroboyo asli. Dia lahir di Kota Pahlawan pada 30 April 1971 lalu. Sejak kecil, dia juga mengenyam bangku sekolah di Surabaya. Pendidikannya diawali dari SD VII Surabaya pada 1983. Lalu melanjutkan di SMPN 1 Surabaya pada 1986. Setelah itu di SMAN 2 Surabaya pada 1989.

SMAN 2 Surabaya merupakan salah satu sekolah favorit di Kota Pahlawan. Banyak tokoh nasional dan artis yang lulus dari sekolah yang berlokasi di pusat Surabaya itu. Sang Proklamator, Soekarno adalah salah satu alumnus di sana semasa SMAN 2 Surabaya masih bernama HBS. Begitu juga mantan Wapres Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno dan mantan Menag Tarmizi Taher.

Dari kalangan artis, sederet musikus terkenal juga lulusan SMADA. Di antaranya ialah Dewa Budjana Gigi, Piyu Padi, pentolan Dewa 19 formasi awal, Ahmad Dhani, Andra Junaidi, dan Ari Lasso, lalu Maia Estianty, Ita Purnamasari, dan Astrid Sartiasari.

Baca Juga: Dirombak, Kapolda Jatim Irjen Muhammad Fadil Jabat Kapolda Metro Jaya

3. Pernah ungkap sabu-sabu 1 ton

Asli Surabaya, Mengenal Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim yang BaruKapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. ANTARA/Firman

Salah satu prestasi Nico adalah pernah mengungkap gembong narkoba jaringan internasional. Sejumlah 1 ton narkotika jenis sabu-sabu yang diangkut kapal dari luar negeri pun berhasil digagalkannya. Kala itu dia menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba (Drirresnarkoba) Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Kapolda Jatim Dijabat Irjen Nico Afinta, Mantan Kapolda Kalsel

Topik:

  • Dida Tenola
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya