TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Pendamping Risma, Gus Hans Mengaku Dijebak Bupati Trenggalek

Surat rekomendasi dibawa Arifin

Gus Hans usai mengurus kelengkapan berkas bacawagub Jatim di PN Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

JOMBANG - KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans) akan mendampingi Tri Rismaharini yang maju dalam pemilihan kepala daerah Jawa Timur  2024. Kedua pasangan tersebut akan mendaftarkan diri ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jawa Timur, Kamis sore (39/8/2024). "Daftar ke KPU Jatim sore nanti sekitar pukul 18.00 WIB," kata Gus Hans  usai mengurus kelengkapan berkas sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jatim di Pengadilan Negeri Jombang, Kamis (29/8/2024).

Baca Juga: Digandengkan dengan Gus Hans di Pilgub Jatim, Risma: Saya Belum Kenal

1. Sempat usulkan beberapa nama ke Risma

Gus Hans usai mengurus kelengkapan berkas bacawagub Jatim di PN Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Pada kesempatan itu, petinggi Partai Golkar Jawa Timur ini menjelaskan proses awal hingga dirinya terpilih untuk mendampingi Risma dalam kontestasi Pilkada Jatim 2024. "Saya sebenarnya mengajukan beberapa nama untuk mewakili Bu Risma. Saya sampaikan ke timnya Bu Risma silakan pilih yang itu, kalau gak bisa, terpaksanya baru saya," jelas Gus Hans.

Beberapa nama tersebut di antaranya adalah nama Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin alias cak Ipin, mantan Bupati malang Sutiaji, dan Mufti Anam. "Jadi salah satunya mas Arifin yang saya usulkan, terus mas Mufti Anam itu, terus ada Pak Sutiaji," kata salah satu pengasuh Ponpes Darul Ulum Rejoso, Peterongan, Jombang ini.

Baca Juga: Digandengkan dengan Gus Hans di Pilgub Jatim, Risma: Saya Belum Kenal

2. Mengusulkan Bupati Trenggalek malah dipilih dampingi Risma

ilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Namun, di tengah proses perjalanan justru nama Gus Hans yang muncul mendampingi Risma Pilkada Jatim 2025. Gus Hans pun, merasa telah dijebak oleh Bupati Trenggalek Cak Ipin.

"Saya yang mengusulkan dia, malah dia yang menjebak saya jadi ini. Jadi salah satunya Mas Arifin yang saya usulkan," kata pria kelahiran Jombang pada 23 Maret 1976 tersebut.

Ia juga mengaku, surat rekomendasi sebagai bakal calon wakil gubernur dari PDIP sudah turun. Surat itu diakuinya sudah dibawa oleh Bupati Trenggalek. "Dibawa Mas Arifin sekarang. Ini yang termasuk provokator saya," ujar kiai muda ini sembari tertawa.

Verified Writer

Zainul Arifin

Berkarya!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya