TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polres Batu Larang Kegiatan Sound Horeg saat Perayaan 17 Agustusan

Polres Batu siapa tindak tegas jika dilanggar

Cek sound horeg oleh Blizzard Audio. (IDN Times/Istimewa)

Malang, IDN Times - Perayaan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sudah dekat, biasanya masyarakat akan merayakan dengan melaksanakan pawai karnaval. Di Jawa Timur khususnya Malang Raya, masyarakat akan melakukan pawai dengan menyewa sound horeg atau sound system skala besar yang dipasang di truk yang berjalan.

Ternyata kegiatan ini banyak membuat masyarakat resah, pasalnya musik-musiknya yang keras membuat resah. Oleh karena itu, beberapa wilayah mulai membuat aturan ketat.

Baca Juga: Sebuah Pledoi dari Pegiat Sound Horeg di Kabupaten Malang

1. Polres Batu melarang adanya sound horeg saat karnaval

Polres Batu mengeluarkan aturan ketat terkait sound horeg saat perayaan kemerdekaan, mereka dengan tegas melarang adanya sound horeg. Mereka merasa kegiatan ini lebih banyak dampak negatifnya.

"Dengan tegas kami sampaikan bahwa sound horeg dilarang digunakan. Apabila melanggar akan kami tindak tegas. Tidak perlu ada surat edaran larangan, cukup dengan edukasi dan sosialisasi secara humanis," terang Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata saat dikonfirmasi pada Selasa (30/7/2024).

Sehingga dengan ini seluruh wilayah hukum Polres Batu dilarang menggelar acara sound horeg. Wilayah mereka diantaranya seluruh Kota Batu dan sebagian Kabupaten Malang seperti Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Kasembon.

2. Polres Batu yakin karnaval bisa dilaksanakan dengan meriah tanpa sound horeg

Andi yakin jika perayaan HUT RI ke-79 bisa dirayakan tanpa kehadiran sound horeg. Banyak budaya Indonesia yang bisa diangkat temanya dan lebih positif.

Polres Batu juga tengah melakukan pembahasan mengenai teknis dan pelaksanaan di lapangan. Termasuk perencanaan dalam proses pemberian imbauan dan sosialisasi ke masyarakat.

"Kita bisa mengurai, meng-cluster, dan sebisa mungkin menghilangkan dampak-dampak negatifnya," jelasnya.

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya