TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Anggota DPRD Kota Batu Terpilih Mengundurkan Diri 

Ada Ganis Rumpoko

Dari kiri Rudi, Ganis Rumpoko, Heli Suyanto, dan Nurochman. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Batu, IDN Times - Sebanyak 4 anggota DPRD Kota Batu terpilih untuk periode 2024-2025 yang harusnya dilantik hari ini (30/8/2024) menyatakan mengundurkan. Keempat mengundurkan diri karena maju dalam kontestasi Pilkada 2024 bauk di Kota Batu maupun Kota Malang.

1. Berikut nama-nama anggota DPRD Kota Batu terpilih yang mengundurkan diri

Sekretaris DPRD Kota Batu, Jawa Timur Endro Wahjudi membenarkan kabar 4 anggota DPRD Kota Batu terpilih yang mengundurkan diri. Keempatnya ada Ganisa Pratiwi Rumpoko alias Ganis Rumpoko, Nurochman, Heli Suyanto, dan Rudi.

Diketahui jika Ganis Rumpoko akan maju sebagai Wakil Wali Kota Malang. Nurochman dan Heli Suyanto akan berpasangan dalam Pemilihan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu (Pilwali) 2024. Sementara Rudi akan mendampingi Firhando Gumelar sebagai Wakil Wali Kota Batu dalam Pilwali Batu 2024.

"Keempat orang ini ketika sudah ada penetapan bakal calon wali kota dan wakil wali kota otomatis tidak menjadi anggota DPRD karena mengundurkan diri," terangnya.

Baca Juga: Profil Ganis Rumpoko, Anak Eks Wali Kota Batu yang Maju Pilkada 2024

2. Pengganti keempatnya adalah peserta Pilleg 2024 dari partai yang sama

Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Endro menjelaskan jika surat pengunduran keempatnya telah diterima pimpinan DPRD Kota Batu definitif dan diproses hingga ke tingkat provinsi. Surat pengunduran diri ini juga diserahkan pada KPU Kota Batu dan KPU Kota Malang.

Sementara untuk pengganti keempatnya, akan diisi oleh peserta Pemilihan Calon Legislatif (Pilleg) Kota Batu 2024 dari partai yang sama. Sehingga pengganti keempatnya sudah ditentukan.

"Ketua DPRD akan mengirimkan surat kepada gubernur melalui kepala daerah yang sekarang, nanti ada surat keputusan untuk penggantian. Sebelum penetapan supaya PAW karena DPRD ini masih banyak hal yang harus terus dibahas, seperti penetapan KUA-PPAS dan APBD 2025," ujarnya.

Verified Writer

Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya