TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Potret Krisis Air Bersih di Ngawi, Warga Gali Lubang di Sungai

Ini terpaksa dilakukan akibat bantuan air bersih tak cukup

Warga di Dusun Kaligede, Desa Ngancar, Kecamatan Pitu Ngawi lubangi sungai untuk dapatkan air. IDN Times/ Riyanto.

Ngawi, IDN Times – Krisis air bersih yang melanda Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, semakin memprihatinkan. Di Dusun Kaligede, Desa Ngancar, Kecamatan Pitu, warga terpaksa menggali lubang di dasar sungai yang mengering untuk mencari air. Mereka berjuang setiap hari untuk mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari.

1. Warga berjuang dengan air tak layak

Air dari lubang-lubang kecil di dasar sungai bukanlah air bersih, namun warga tidak punya pilihan lain. Mereka menggunakannya untuk minum, memasak, hingga memberi minum ternak. Sejak sumur-sumur warga mengering, sebanyak 68 Kepala Keluarga (KK) di desa tersebut menghadapi krisis air bersih yang semakin parah.

"Setiap hari harus rebutan ambil air dari lubang itu, meskipun kotor. Sebelum dipakai masak dan minum, kami saring dulu," ujar Trimaningsih, salah satu warga yang merasakan langsung sulitnya mendapatkan air bersih.

Kepala Dusun Kaligede, Ninuk Ayu Wartini menambahkan bahwa kondisi ini sudah berlangsung sejak sebelum bulan Agustus. Meski ada bantuan air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), jumlahnya masih jauh dari cukup.

"Kami harus antri mengambil air dari lubang kecil itu. Bantuan air datang, tapi tetap belum cukup," ungkap Ninuk.

2. Ada 720 KK di delapan desa yang menglamai krisis air

Krisis air bersih tak hanya melanda Kaligede. Menurut data BPBD Kabupaten Ngawi, sekitar 720 KK dari delapan desa di lima kecamatan, termasuk Pitu, Ngawi Kota, Kasreman, Bringin, dan Sine, terdampak kekeringan parah. BPBD berupaya menyalurkan air bersih secara bergilir ke desa-desa tersebut, namun situasi semakin sulit.

"Kita terus melakukan droping air, tapi kekeringan semakin meluas," kata Partoyo, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Ngawi.

Baca Juga: Polisi Lakukan Ekshumasi Siswi SMA Taruna Madiun di Ngawi

Berita Terkini Lainnya