TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisata Sungai Kalimas Berbenah, Akan Ada Zona Tematik

Request zona opo rek?

Wisata Perahu Air Susur Kalimas. Dok. Pemkot Surabaya.

Surabaya, IDN Times - Rute lintasan wisata perahu air susur Sungai Kalimas Surabaya akan bertambah. Terbaru, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membuat zona tematik. Mulai dari zona laut, tanaman hingga romantis.

 

“Jadi ada (zona) laut, ada tanaman, setelah itu ada zona romantis. Yang di pinggir sungai ada hiasan yang berbeda-beda sesuai dengan tematik yang sudah kita tetapkan,” ujar Wali Kota Eri Cahyadi.

 

 

Nantinya, kata Eri, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya juga akan melakukan penataan terhadap taman-taman yang ada di sepanjang rute. “Jadi bagaimana taman terkoneksi dengan hiasan-hiasan yang sudah ada," katanya.

 

"Jadi nanti InsyaAllah di minggu depan akan kita resmikan. Kita akan buka kembali, reborn terkait dengan Kalimas, terkait dengan tematik yang ada,” imbuh Eri.

 

Di tiap zona, perahu akan mendekat sehingga para wisatawan dapat melakukan swafoto. “Lalu yang pasti di Taman Prestasi ada tempat makan apung, jadi membeli makan di SWK, tapi makannya bisa di sungai (apung),” terangnya.

 

Pemkot juga akan menambah dermaga baru di kawasan Peneleh Surabaya. Maka rute Wisata Perahu Air Susur Sungai Kalimas akan semakin panjang. Wisatawan dapat memilih rute mulai dari Monkasel-Taman Prestasi-Taman Ekspresi-Siola-Peneleh Surabaya.

 

“Ada rencana dermaga baru, yang terkoneksi dengan Peneleh nanti. Di Peneleh juga ada tempat orang berjualan, nanti kita coba berikan dermaga di sana,” bebernya.

 

Bahkan, pemkot juga akan mengubah eks Museum Pendidikan di Taman Ekspresi menjadi tempat nongkrong dengan view menghadap ke aktivitas wisata. Karena saat ini seluruh koleksi museum telah dipindahkan ke Museum Surabaya yang ada di Siola.

 

“Ada perubahan di museum yang sudah pindah ke Siola. Nanti museum (itu) kita jadikan tempat makan, kita jadikan tempat nongkrong, tapi viewnya ke Kalimas. Ini yang sedang kita tata karena sudah ada yang mau masuk di situ,” terangnya.

 

Pembaruan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya ini akan dilakukan setiap tahun. Harapannya, sektor pariwisata di Kota Surabaya akan semakin menarik minat para wisatawan. 

 

 

Baca Juga: Info Wisata Perahu Kalimas Surabaya: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Berita Terkini Lainnya