TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PKB Pasang Gaco Caleg Gagal di Pilgub Jatim 2024

Besok dipastikan daftar ke KPU 

Anggota Timwas Haji DPR Luluk Nur Hamidah mengungkap alasan perlunya pansus haji untuk mengevaluasi pelaksanaan haji 2024. (Dok. Parlementaria)

Surabaya, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan mengusung kader internalnya, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Hakim dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024. Namun ternyata kedua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) tersebut sebelumnya gagal terpilih dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Februari lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun IDN Times, Luluk Nur Hamidah maju menjadi Caleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng IV meliputi Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen. Di dapil ini, PKB tidak mendapatkan kursi sama sekali. Artinya, Luluk tak lolos ke Senayan.

Sedangkan pasangannya, Lukmanul Hakim juga gagal ke Senayan setelah kalah pada Pileg 2024, melalui dari Dapil X Gresik - Lamongan. Lukman hanya memperoleh 29.528 suara, kalah dengan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid dengan perolehan 33.619 suara.

Lebih lanjut, di Dapil X Jatim tersebut hanya enam partai yang lolos ke Senayan. Yaitu PKB, PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, dan Demokrat, yang masing-masing mendapat satu kursi DPR RI.

Kendati pernah gagal, Bendahara DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi optimitistis gaconya dapat bersaing dengan petahana Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak maupun bapaslon yang diusung PDIP dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024.

Menurut Fauzan, Luluk sebagai salah satu kader terbaik PKB yang pantas bertarung memperebutkan kursi Gubernur Jatim. Luluk dinilainya sebagai kader yang matang dan mumpuni memimpin Jatim. 

"Ini calon tidak akan kalah cerdas dibandingkan yang ada. Perempuan cerdas," kata pria yang juga Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini. 

Lebih lanjut, Fauzan menyebut saat ini partainya menyiapkan seluruh berkas persyaratan pendaftaran Luluk - Lukman ke KPU Jatim. Setelahnya PKB akan mengantarkan pasangan ini di hari terakhir pendaftaran pada Kamis (29/8/2024).

"Besok sore," jawab Fauzan singkat.

Baca Juga: Fakta PDIP dan PKB Belum Pernah Menang di Tiga Pilgub Jatim

Berita Terkini Lainnya