TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Harga Menu Makan Gratis di Surabaya Dinaikkan

Demi dapat gizi seimbang

Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka saat simulasi makan gratis di SDN Klampis Ngasem 3 Surabaya. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Surabaya, IDN Times - Harga menu uji coba makan gratis di Surabaya mengalami kenaikan harga dibandingkan beberapa tempat sebelumnya. Kenaikan harga itu dibeberkan langsung oleh Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

"Hari ini Rp15.000 per kotak untuk uji coba. Tiap kota bervariasi. Kemarin (di SDN 2 dan 3 Sentul) Rp14.900," ujarnya usai meninjau simulasi makan bergizi gratis di SDN Klampis Ngasem 3 Surabaya, Kamis (1/8/2024).

Dengan harga Rp15.000 per kotak itu, Gibran memastkan kalau tiap siswa mendapatkan menu makanan dengan gizi seimbang. Ada karbohidrat, protein, vitamin maupun mineral yang terkandung di dalamnya.

"Sekarang menunya ayam saus manis (ada wortelnya), bakso, melon, susu," kata Gibran.

Untuk pelaksanaan uji coba makan bergizi gratis di tiap sekolah ini, lanjut Gibran, pihaknya menggandeng perusahaan GoTo untuk menggelontorkan program CSR. Sehingga pelaksanaannya berdampak ke berbagai sektor.

"Anggarannya ini CSR dari Gojek (GoTo). Ini muridnya dapat, UMKM dan ojolnya juga dapat (keuntungan)," terangnya.

Uji coba atau simulasi makan bergizi gratis untuk siswa sekolah ini akan digelar terus hingga Oktober mendatang. Saat ini sudah ada tiga tempat yang disimulasikan. Yakni Sentul Bogor, Surakarta dan Surabaya.

"Untuk pelaksanaan di Surabaya kami terapkan hasil evaluasi di Sentul dan Surakarta. Menurut saya di Surabaya salah satu terbaik. SOP berjalan dengan baik," katanya. 

"Banyak masukan masalah sampah packaging, hari ini di Surabaya Pak Wali temukan solusi. Ke depan apa yang dijalankan di Surabaya kami terapkan di kota lain," tambah dia.

Setelah ini, Gibran menyampaikan kalau uji coba makan bergizi gratis ini digelar di Tangerang pada pekan depan. Kemudian pekan selanjutnya di luar pulau. Targetnya sebelum pelantikan dapat diketahui kelayakan dari program ini.

"Ini masih uji coba dan saya belum dilantik. Saya ingin dapat masukan dari semuanya," pungkas dia.

 

Baca Juga: Gibran Tinjau Simulasi Makan Gratis di SDN Surabaya, Ini Isi Menunya

Berita Terkini Lainnya