TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Taman Nasional Baluran Terbakar, Akses Wisatawan Ditutup Total

Titik api terpencil, kemungkinan bukan ulah manusia

Ilustrasi kebakaran hutan. (pixabay)

Bondowoso, IDN Times – Kebakaran yang terjadi di kawasan hutan Taman Nasional Baluran, Situbondo, Jawa Timur, masih belum sepenuhnya padam. Beberapa titik terlihat membakar lahan hutan yang berlokasi di Gunung Baluran sebelah timur menuju jalur wisata 1, Batangan, Bekol dan Bama. Akibatnya, tempat wisata tersebut ditutup sementara demi keselamatan wisatawan.

Baca Juga: 7 Potret Pantai Bama, Surga Tersembunyi di Taman Nasional Baluran

1. Satwa macan tutul terancam

Ilustrasi kebakaran. (pixabay)

Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan, belum mengetahui pasti luasan area yang terbakar. Namun ia memastikan, titik api yang ada saat ini tidak membahayakan pengunjung karena lokasinya yang jauh dari lokasi pariwisata. Meskipun tidak membahayakan wisatawan, namun api dikhawatirkan mengancam kehidupan populasi endemik satwa macan tutul. 

"Iya, namun apinya tidak membahayakan pengunjung wisata. Karena ada di titik yang jauh," kata Johan dalam keterangannya, dikutip pada Kamis (28/9/2023).

2. Pemadaman sulit dilakukan

Ilustrasi kebakaran hutan. (pixabay)

Terkait penutupan akses wisata, ini dilakukan untuk alasan kelancaran upaya pemadaman oleh petugas saat ini dan keselamatan bersama. Hingga saat ini ada puluhan personil gabungan yang dikerahkan untuk memadamkan api di empat titik api berasal. Medan yang jauh dan sulit membuat pemadaman ini memakan waktu yang cukup lama untuk dilakukan.

Beberapa upaya sudah dilakukan agar api tidak menjalar dan meluas di padang savana. Api tersebut diketahui sejak Senin (25/9) lalu, hingga saat ini masih teramati kepulan asap di beberapa titik.

"Api diketahui sejak Senin lalu. Upaya pencegahan sudah dilakukan dengan cara melakukan sekat bakar," sambung Kepala Sub Bagain Tata Usaha Taman Nasional Baluran, Probo Wresni Adji.

Baca Juga: 10 Potret Taman Nasional Baluran, Serpihan Afrika di Tanah Jawa

Verified Writer

Agung Sedana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya