Tiga Orang Sembuh, Kota Malang Kembali Rawat Satu Pasien COVID-19

Punya riwayat perjalanan ke Jakarta

Malang, IDN Times - Tiga orang yang sempat positif COVID-19 di Kota Malang dinyatakan sembuh, Sabtu lalu (28/3). Namun, kini terdapat satu pasien baru yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Pasien tersebut berjenis kelamin laki-laki dan merupakan seorang mahasiswa di salah satu universitas di Kota Malang. Saat ini dia dirawat di ruang isolasi rumah sakit Panti Waluyo, Kota Malang.

1. Asal Jakarta tapi kuliah di Malang

Tiga Orang Sembuh, Kota Malang Kembali Rawat Satu Pasien COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Pasien baru tersebut merupakan warga Jakarta yang sedang kuliah di Kota Malang. Kasus tersebut tak ada kaitannya dengan tiga kasus yang sebelumnya. Sebelum dinyatakan positif COVID-19, pasien bersangkutan memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta.

Setelah kembali dari Jakarta, pasien bersangkutan mulai mengalami gejala mirip virus corona. Kemudian, pasien tersebut memeriksakan diri dan dirawat. 

"Pasien bersangkutan berasal dari Jakarta. Sudah menjalani perawatan sejak 20 Maret lalu dan setelah dilakukan cek lab, dinyatakan positif terpapar virus corona," ucap Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto, Minggu malam (29/3).

2. Masuk data kota Malang

Tiga Orang Sembuh, Kota Malang Kembali Rawat Satu Pasien COVID-19Ilustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Sebenarnya jika mengacu pada data kependudukan, pasien baru tersebut merupakan warga Jakarta. Secara administratif harusnya memang menjadi tanggung jawab dari Pemprov DKI Jakarta. Namun, lantaran yang bersangkutan dirawat di rumah sakit rujukan di Kota Malang, maka datanya masuk di Pemkot Malang.

"Datanya akan masuk ke Kota Malang karena yang bersangkutan dirawat di sini," tambah Nur Widianto.

Baca Juga: Lagi, Dua Pasien COVID-19 di Kota Malang Sembuh  

3. Terus upayakan pencegahan

Tiga Orang Sembuh, Kota Malang Kembali Rawat Satu Pasien COVID-19Image by Syaibatulhamdi from pixabay

Setelah munculnya satu pasien baru positif COVID-19, Pemkot Malang semakin gencar mengupayakan pencegahan. Salah satunya dengan pengetatan aturan physical distancing dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Selain itu, Pemkot Malang meminta masyarakat untuk terus menjaga pola hidup bersih agar virus corona tak semakin meluas. 

"Pak wali (Sutiaji) juga menyampaikan pesan, dengan melihat situasi di mana sebentar lagi akan masuk pada tradisi mudik, maka diimbau kepada warga untuk sementara waktu tidak pulang kampung. Baik yang keluar Malang atau yang akan kembali ke kota Malang," sambungnya. 

4. PDP kembali bertambah

Tiga Orang Sembuh, Kota Malang Kembali Rawat Satu Pasien COVID-19Ilustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga Minggu (29/3), pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Malang bertambah empat orang. Mereka dirawat di RST Soepraoen dan RS Panti Waluyo. Saat ini, total ada sembilan PDP yang masih dirawat.

"Jangan mudah menyepelekan dan menyederhanakan perkembangan yang ada. Apalagi saat ini kembali ada tambahan satu pasien positif baru. Ini berarti musuh masih ada di depan kita," pungkasnya.

Baca Juga: Satu Positif COVID-19 di Malang Beda Cluster dari Dua Pasien Lain

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya