1 Karyawan Positif Corona, Bank BUMN di Malang Jamin Pelayanan Normal

Kantor ditutup, dipindah ke gedung sebelahnya

Malang, IDN Times - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Malang yang berada di Jl RE Martadinata, Kota Malang memastikan pelayanan nasabah tetap berjalan baik. Proses pelayanan kepada nasabah tidak terganggu meskipun sebelumnya ada karyawan dari BRI Kanwil Malang yang dinyatakan positif COVID-19.

Untuk sementara waktu, pelayanan kepada nasabah dipindahkan ke gedung yang berada di sebelah gedung BRI Kanwil Malang. Sementara gedung operasional BRI Kanwil Malang ditutup sementara untuk proses sterilisasi. 

1. Pelayanan normal dengan protokol kesehatan

1 Karyawan Positif Corona, Bank BUMN di Malang Jamin Pelayanan NormalPelayanan tetap berjalan normal dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk menjamin keselamatan nasabah, mereka menerapkan protokol yang sangat ketat. Bahkan, pihak BRI menyiapkan dua tenda di luar untuk ruang tunggu bagi nasabah yang tak kebagian tempat di dalam gedung. Pembatasan jumlah nasabah secara bergiliran tersebut sesuai dengan protokol pencegahan COVID-19 yakni physical distancing. 

"Pelayanan tetap berjalan normal dengan menerapkan standar protokol pencegahan COVID-19. Sesuai instruksi, kantor wilayah BRI ditutup dan pelayanan dipindahkan ke gedung sebelah yang terpisah," kata Kepala Kantor Cabang BRI Malang Martadinata, Muhammad Zulham Salahudin, Rabu (8/7/2020). 

2. Tidak ada perubahan jam pelayanan

1 Karyawan Positif Corona, Bank BUMN di Malang Jamin Pelayanan NormalSebagian nasabah yang tidak kebagian tempat di dalam diminta menunggu di luar dan disiapkan tenda. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun harus berpindah gedung, pelayanan terhadap nasabah menurut Zulham tetap normal. Jam operasional pelayanan juga tetap normal seperti biasa. Hanya saja pemeriksaan terhadap nasabah semakin diperketat. Nasabah yang akan masuk ke gedung pelayanan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, kemudian wajib mencuci tangan dan disemprot hand sanitizer. Mereka juga diwajibkan mengenakan masker dan harus mengikuti standar protokol pencegahan COVID-19. 

"Nasabah yang sudah di dalam gedung juga kami atur berjarak. Mereka juga wajib memakai masker baru diperbolehkan masuk," tambahnya. 

3. Pastikan teller bebas COVID-19

1 Karyawan Positif Corona, Bank BUMN di Malang Jamin Pelayanan NormalPara nasabah diatir duduk dengan physical distancing dan dilayani secara bergantian. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, demi kenyamanan para nasabah pihak BRI Cabang Malang juga memastikan bahwa karyawan yang melayani mereka dalam keadaan sehat. Pihak BRI sudah melakukan rapid test kepada seluruh karyawan yang bekerja pada bagian pelayanan. Hasilnya semua karyawan dinyatakan non reaktif melalui rapid test. Para nasabah bisa tetap mendapat pelayanan prima meskipun di tengah pandemi seperti saat ini. 

"Para karyawan juga menggunakan masker dan face shield untuk antisipasi. Kami juga memberlakukan work from home untuk sebagian karyawan karena gedung yang ada saat ini tidak mampu menampung semua karyawan," sambungnya. 

Baca Juga: Kota Malang Kembali Jadi Zona Merah, Tiga Hari Ada 40 Kasus

4. Pemindahan pelayanan tak pengaruhi nasabah

1 Karyawan Positif Corona, Bank BUMN di Malang Jamin Pelayanan NormalPara nasabah diminta mencuci tangan dan dicek suhu tubuhnya sebelum masuk ke dalam gedung pelayanan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, Zulham menyebut bahwa pemindahan pelayanan tersebut tak mempengaruhi para nasabah. Meskipun kini pemeriksaan lebih ketat, Zulham menyebut para nasabah tetap datang dan tidak keberatan dengan protokol kesehatan yang diterapkan BRI Cabang Malang. Pelayanan juga tidak ada kendala meskipun gedung pelayanan saat ini lebih kecil ketimbang gedung sebelumnya yang ditutup sampai waktu yang belum ditentukan. 

"Sejauh ini pelayanan berjalan baik. Para nasabah tidak keberatan dengan protokol pencegahan COVID-19 yang diterapkan," pungkasnya. 

Baca Juga: Karyawannya Positif COVID-19, BRI Kanwil Malang Tutup Kantor  

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya