PDI Perjuangan Raih 12 Kursi DPRD Kota Malang 

Di tingkat DPR RI, mereka meloloskan Krisdayanti ke Senayan

Malang, IDN Times - Rekapitulasi suara pemilihan umum di Kota Malang sudah selesai. Selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Malang menyelesaikan proses rekapitulasi tingkat kota. Dari total hasil rekapitulasi, PDI Perjuangan kembali meraih suara terbanyak. Partai berlambang Banteng Moncong Putih itu mampu mengungguli pesaingnya. 

1. Raih 12 kursi DPRD Kota

PDI Perjuangan Raih 12 Kursi DPRD Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Dalam pemilihan legislatif tingkat Kota Malang, PDI Perjuangan sangat mendominasi. Bahkan, PDIP mampu melesat dengan raihan 12 kursi secara keseluruhan. PDIP  mengumpulkan mencapai 99.555 suara. Mereka unggul atas PKB yang mengumpulkan 60.511 suara dan berhak atas 7 kursi. Sementara peringakt 3 ditempati PKS dengan total suara mencapai 45.769 dan berhak atas 6 kursi. Lalu untuk partai lain seperti Golkar dan Gerindra masing-masing memeproleh 5 kursi dengan total suara 31.143 suara dan 41.228 suara.

2. Jokowi - Ma'ruf ungguli Prabowo Sandi

PDI Perjuangan Raih 12 Kursi DPRD Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, untuk rekap suara pemilihan presiden, pasangan nomor urut 01, Jokowi - Ma'ruf Amin berhasil mendominasi suara di lima  atas pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Total, paslon nomor urut 01 mampu mengumpulkan 345.695. Sedangkan paslon nomor urut dua memperoleh total suara sebesar 168.00. 

Baca Juga: Pemkot Malang Berlakukan Aturan Tegas Selama Ramadan 

3. Jokowi-Ma'ruf juga unggul di Kabupaten Malang dan Kota Batu

PDI Perjuangan Raih 12 Kursi DPRD Kota Malang IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya di kota Malang, pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin juga unggul di Kabupaten Malang dan Kota Batu atas pasangan calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Jokowi-Ma'ruf mampu unggul cukup jauh di Kabupaten Malang dengan perolehan suara mencapai 1.179.241 suara. Sedangkan Prabowo - Sandi hanya mampu mendulang 386.001 suara. Lalu di Kota Batu, Jokowi - Ma'ruf juga mampu unggul dan mengumpulkan suara sebesar 345.695 suara berbanding milik Prabowo - Sandi sebesar 168.001 suara. 

4. Krisdayanti lolos ke Senayan

PDI Perjuangan Raih 12 Kursi DPRD Kota Malang Instagram.com/Krisdayanti

Tak hanya itu saja, caleg DPR RI dari partai PDIP, Krisdayanti juga mampu menoreh kemenangan. Ia mampu mengumpulkan total 128.494 suara. Total suara tersebut membuat diva musik Indonesia tersebut melenggang ke Senayan. Krisdayanti mendulang suara cukup banyak di Malang Raya. Untuk kota Malang saja, ia mampu mengumpulkan 29.936 suara. Lalu untuk Kota Batu, adik kandung dari penyanyi Yuni Shara itu mampu mendulang 15.473 suara. Kemudian untuk Kabupaten Malang, KD sapaan akrab Krisdyanti mencapai 83.085 suara. 

"Alhamdulillah menurut info yang kami terima saat ini, PDI-P meraih empat kursi atas nama Krisdayanti, Achmad Basarah, Andreas Susetyo dan Sakkan Tampubolon. Tetapi kami masih menunggu hasil akhir dari rekapitulasi suara untuk Kabupaten Malang," tutup Ketua TKD kota Malang, Achmad Wanedi.

5. Ketua TKD Kota Malang anggap caleg pemenang potensial

PDI Perjuangan Raih 12 Kursi DPRD Kota Malang Instagram.com/ Krisdayanti

Di sisi lain, Wanedi menambahkan semua caleg yang mampu meraih suara terbanyal tersebut memang memiliki potensi. Seperti Krisdayanti yang menurut informasi, perolehan suaranya mampu mengalahkan caleg petahana seeprti Ahmad Basarah. 

"Bagi kami hal itu wajar saja. Saya rasa sosok KD memang sudah di kenal masyarakat. Yang terpenting adalah kader yang ada memiliki ideologis, potensial dan memiliki potensi. Jadi saya rasa masih masuk," tandasnya. 

Baca Juga: Polisi RW, Cara Polres Malang Jamin Keamanan Warganya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya