Polisi RW, Cara Polres Malang Jamin Keamanan Warganya

Mulai Polisi RW sampai Tim Hunter Makota

Malang, IDN Times - Kepolisian Sektor Malang Kota memiliki beberapa cara untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Program-program ini selain bertujuan agar dapat menyampaikan imbauan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan baik, namun juga untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga dapat cepat tanggap jika terdapat laporan tindak kejahatan.

1. Terapkan Polisi RW

Polisi RW, Cara Polres Malang Jamin Keamanan WarganyaIDN Times/Fitria Madia

 

Program pertama yang digunakan adalah Polisi RW. Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri menjelaskan bahwa program Polisi RW berarti menempatkan satu polisi di masing-masing RW yang ada di Kota Malang. Personel polisi yang bertugas tersehut di luar dari pasukan Bhabinkamtibmas yang ada di masing-masing kelurahan.

"Kalau Bhabinkamtibmas kan satu kelurahan satu. Kami tambah lagi setiap RW ada 1 polisi. Jadi kalau di keluarahan ada 11 RW, berarti ada 1 Babinkamtibmas dan 11 polisi lainnya," terang Asfuri saat ditemui di Mapolres Malang Kota, Kamis (2/5).

 

Baca Juga: Vandalisme di Cagar Budaya, Berbagai Komunitas di Malang Turun Tangan

2. Minta tiap Polisi RW buat grup Whatsapp

Polisi RW, Cara Polres Malang Jamin Keamanan WarganyaPexels/Tracy Le Blance

 

Ia melanjutkan bahwa polisi yang bertugas di RW tersebut menjadi penanggungjawab atas wilayahnya. Mereka diwajibkan untuk bertemu secara berkala dengan ketua RW, ketua RT, tokoh agama, dan tokoh masyarakat sekitar.

"Jadi kalau masyarakat butuh pelayanan polisi bisa segera berkomunikasi karena polisi RW ini saya perintahkan begitu mereka datang bertemu kepala RW, RT, tokoh masyarakat, dan membuat group WA," terusnya.

3. Adakan program Polisi Cinta Tempat Ibadah

Polisi RW, Cara Polres Malang Jamin Keamanan Warganyapixabay.com/Alexas_Fotos-686414

 

Program lain yaitu Polisi Cinta Masjid alias Polisi Cinta Tempat Ibadah. Selain bertujuan untuk meningkatkan keimanan para anggota Polri terhadap Tuhannya, Asfuri memerintahkan anggotanya untuk menyampaikan imbauan kamtibmas di tempat ibadah.

"Jadi kalau anggota Polri memiliki kemampuan menyampaikan himbauan kamtibmas, setelah salat atau beribadah agar menyampaikan himbauan kamtibmas kepada jamaah," lanjutnya.

4. Tim Hunter Makota bersedia setiap malam

Polisi RW, Cara Polres Malang Jamin Keamanan WarganyaIlustrasi/pexels.com/ kat wilcox

 

Program terakhir yang wajib dilakukan adalah Hunter Makota. Hunter Makota merupakan tim lapangan dari Satreskrim Polres Malang Kota. Asfuri menerangkan bahwa tugas mereka adalah untuk mengungkap kejahatan jalanan termasum mendukung kegiatan penyidikan yang dilakukan oleh penyidik.

"Mereka patroli menggunakan R2 dan R4. Mereka memantau wilayah kring serse. Patrolinya tiap malam sekitar di atas pukul 00.00 WIB," pungkasnya.

Baca Juga: Pemkot Malang Berlakukan Aturan Tegas Selama Ramadan 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya