Meski Reaktif COVID-19, Pria Ini Naik Bus dari Banyuwangi ke Malang

Ditolak masuk Bali, saat ini dirawat di RSUD Kota Malang

Malang, IDN Times - Tim gabungan Satgas COVID-19 Kota Malang mendapati satu orang pria dengan suhu badan di atas normal saat naik angkutan umum. Usut punya usut, pria tersebut merupakan warga Tlogomas yang hendak pergi ke Bali. Namun dia tertahan di pelabuhan penyeberangan Gilimanuk.

Pria berusia 52 tahun itu tak tak lolos pemeriksaan kesehatan. Kemudian oleh otoritas pelabuhan Gilimanuk, pria bersangkutan dipulangkan sampai Banyuwangi.

1. Sempat akan dijemput tim PSC Kota Malang

Meski Reaktif COVID-19, Pria Ini Naik Bus dari Banyuwangi ke MalangIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Jubir Satgas COVID-19 Kota Malang Husnul Muarif menjelaskan, pria tersebut tak bisa masuk ke Bali karena suhu tubuhnya di atas normal. Setelah dilakukan rapid test, hasilnya reaktif COVID-19.

Lalu pria tersebut dipulangkan oleh otoritas pelabuhan penyeberangan Gilimanuk dengan pengawalan ketat hingga ke pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Sempat akan dijemput oleh Tim Public Safety Center (PSC) Kota Malang, namun pria tersebut tak sabar menunggu. Dia lantas memutuskan pulang ke Malang sendiri dengan menggunakan kendaraan umum.

"Selama di perjalanan yang bersangkutan tetap menggunakan masker. Sesampainya di pos check point perumahan Graha Kencana, yang bersangkutan langsung ditransfer ke RSUD Kota Malang," ucap Husnul Muarif, Selasa (28/4).

2. Hari ini dites swab

Meski Reaktif COVID-19, Pria Ini Naik Bus dari Banyuwangi ke MalangIlustrasi virus corona. pixabay.com/illustrations

Husnul Muarif membantah jika ada yang menyebut pria bersangkutan merupakan pasien positif COVID-19. Hasil rapid test yang dilakukan memang reaktif COVID-19. Namun, dia masih harus dites swab untuk memastikan. Saat ini dia sudah dirawat di RSUD Kota Malang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

"Hari ini rencanannya dilakukan swab tes kepada yang bersangkutan. Kalau untuk rekap jelasnya, memang masih menunggu laporan dari RSUD Kota Malang," imbuhnya. 

Baca Juga: Kemungkinan PSBB Malang Raya, Tiga Kepala Daerah Dipanggil Bakorwil 

3. Pria bersangkutan akan segera dipulangkan

Meski Reaktif COVID-19, Pria Ini Naik Bus dari Banyuwangi ke MalangTim Satgas Covid-19 RSSA saat menyampaikan rilis terkait Covid-19. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Meskipun demikian, kemungkinan besar pria tersebut akan dipulangkan. Setelah menjalani tes swab, dia bisa melakukan isolasi mandiri di rumah karena belum dinyatakan positif COVID-19.

"Mungkin besok sudah dipulangkan oleh RSUD," sambungnya. 

4. Bus pengangkut pria tersebut disemprot disinfektan

Meski Reaktif COVID-19, Pria Ini Naik Bus dari Banyuwangi ke MalangKapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terpisah, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menjelaskan, pihaknya sudah memeriksa dan menyemprot disinfektan bus yang mengangkut pria tersebut. Penumpang lain yang berada dalam satu bus jurusan Banyuwangi-Malang itu juga sudah dicek kesehatannya. Antisipasi tersebut dilakukan meskipun pria bersangkutan belum diketahui apakah terpapar virus corona atau tidak. 

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar sebisa mungkin tidak pulang kampung terlebih dahulu," imbaunya.

Baca Juga: Seorang Balita Berusia Satu Tahun di Kota Malang Positif COVID-19

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya